Cekatan Bantu Penangan Covid-19, 35 Kades di Paser Terima Piagam Penghargaan

Tana Paser, Metrokaltim.com – Sebanyak 35 kepala desa (kades) di Kabupaten Paser menerima piagam penghargaan. Apresiasi itu dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. Atas kesuksesan penyaluran bantuan langsung (BLT) Dana Desa tahap pertama, sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.

Acara yang dilaksanakan di Pendopo Bupati, Rabu (23/12) itu, penyerahan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Paser, H Kaharuddin. Kegiatan berlangsung mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Selain dihadiri Forkopimda, juga terlihat Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Paser, Nasri. Dikatakannya piagam yang diterima kades sudah sangat tepat. Karena sigap dan cekatan melakukan penangan Covid-19.

“Khususnya dalam penanganan Covid-19. Artinya begitu ada intruksi dari kementerian desa dan muncul peraturan bupati. Sehingga kepala desa langsung mengeksekusi yang bersumber dari dana desa,” kata Nasri.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Paser, Nasri.

Mendapatkan apresiasi, bukan berarti tak ada kendala yang dihadapi. Hal itu dibenarkan Nasri. Menurutnya masalah pendataan calon penerima bantuan, sempat dikhawatirkan terjadi penerima ganda dari beberapa program bantuan pemerintah.

“Kendala pasti ada. Seperti ditahap perdana, ada beberapa sumber (bantuan), BLT, PKH dan program bantuan sembako, serta ada bantuan dari kabupaten maupun desa sendiri. Kendala dipendataan, terjadi tumpang tindih,” jelas yang juga Kades Olong Pinang.

Nominal yang diterima, dijelaskannya bervariatif. Dimana, bantuan perdana sebesar Rp 600 ribu, kemudian seiring berjalannya waktu menjadi Rp 300 ribu. Ini dari DD bersumber dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. Besaran nominal, serta mengikuti petunjuk teknis (juknis).

Beberapa kades yang menerima penghargaan, yakni desa Samurangau, Lori, Suatang Keteban, Sungai Tuak, Olong Pinang, Pasir Mayang, Muara Adang, dan Mengkudu.

(all/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *