Metro Kaltim

Ciptakan Rasa Aman Bagi Penumpang, BNK dan Polres Kutim Gelar Tes Urine Sopir Angkutan Umum

Sangatta, Metrokaltim.com – Memasuki masa cuti bersama (libur red) baik pada pelaksanaan hari raya Natal dan tahun baru 2020, Wakil Bupati Kutai Timur H. Kasmidi Bulang ST.MM sekaligus Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kutim mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab Kutim) turut bersinergi bersama Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, jajaran Dinas Perhubungan (Dishub), pada Jumat (27/12) turut monitoring cipta kondisi Ketertiban Dan Keamanan Masyarakat (Kamtibmas) melalui gelaran giat Operasi Lilin Mahakam.

Pantuan cipta kondisi Kamtibmas dalam menyambut perhelatan hari besar keagaamaan bagi umat Nasrani bertujuan untuk turut memberikan rasa nyaman aman kepada masyarakat (pemudik), terlebih kepada para masyarakat yang hendak mudik dengan menggunakan jasa angkutan umum seperti bus,travel.

Dalam giat peninjauan tersebut dilakukan pemeriksaan secara mendetail baik kepada para sopir angkutan umum dan travel untuk mengikuti tahapan cek kesehatan (tekanan darah, kolestrol, asam urat), dan mengantisipasi penyalahgunaan narkoba melalui tes urine.

Selebihnya pengecekan kelengkapan administrasi surat kendaraan seperti SIM, STNK, KIR, kelengkapan standar keamanan kendaran secara detail baik lampu kendaraan, hingga kepakeman rem.

Giat cipta kondisi Kamtibmas yang turut berkiordinasi dengan unsur petinggi kepolisian dalam hal ini Polres Kutim beserta Pemkab Kutim dan BNK yang di wakili langsung oleh Wabup Kutim Kasmidi Bulang serta Dishub Kutim, termasuk meliputi pengecekan kelengkapan administrasi surat kendaraan seperti SIM, STNK, KIR, kelengkapan standar keamanan kendaran secara detail baik lampu kendaraan, kepakeman rem, ban, kapasitas standarisasi muatan dalam mendeteksi aturan kapasitas angkutan barang. Tidak hanya itu saja pemeriksaan turut memeriksa faktor safety lainnya yaitu pemukul kaca demi keselamatan penumpang jika mengalami accident apakah itu dikarenakan human eror mengakibatkan out control sehingga terjadi kecelakan lalu lintas (laka), tersediannya sarana alat pemadam api ringan (Apar), terlebih bagi pengendara diwajibkan di dalam kabin kendaraannya seperti roda empat (R-4) tersedia sabuk pengaman (safety-belt), kondisi kelayakan kursi penumpang maupun dari balik kemudi.

Wabup Kutim, Kasmidi ikut memeriksakan diri di posko operasi lilin.

Jalannya pemeriksaan tersebut terkonsentrasi di areal terminal bus (jasa angkutan umum) kawasan Km 3 poros Sangatta – Bontang.

“Alhamdulillah wa syukurillah… kita masih diberi kesehatan sampai hari ini…. untuk mengikuti kegiatan bersinergi, antara Pemerintah, kepolisian dan BNK Kutai Timur, dalam rangka pengamanan arus mudik pada Operasi Lilin Mahakam 2019 di kawasan Terminal Sangatta. Apa yang kita lakukan secara bersama lebih mengedepankan sisi aturan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas terutama kepada masyarakat yang berpergian (mudik),” jelas Wabup Kutim Kasmidi saat giat Operasi Lilin Mahakam 2019 bersama Kapolres Kutim Indras.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang menambahkan memasuki masa cuti bersama tentunya arus lalin mudik terbilang padat. “Dari pengalaman sebelumnya agenda monitring bersama ini dikarenakan banyak juga masyarakat umum yang menggunakan sarana transportasi jasa angkutan umum, untuk itu digelar pemeriksaan kendaraan angkutan umum, mulai dari bus, travel serta angkutan perkotaan. Tak hanya kendaraannya saja, tapi juga dilakukan tes kesehatan dan tes urin pada para sopir angkutan umum tersebut. Hal ini untuk memastikan, pengendara maupun kendaraan yang digunakan dirasakan aman,” tegas orang nomor dua pemkab Kutim ini.

Bahkan Kasmidi (sapaannya) merespon positif atas terlaksananya lintas koordinasi cipta kamtibmas Operasi Lililn Mahakam baik oleh dirinya mewakili Pemkab Kutim dan BNK, Polres Kutim, Dishub Kutim secara rutin dalam setiap tahunnya melalui program tambahan pemeriksaan tambahan yang menyasar deteksi cek kesehatan dan narkoba.

Terkait perihal tersebut Kapolres Kutim Indras mengutarakan adanya tes kesehatan terlebih tes narkoba melalui pemeriksaan urine kepada para pengendara umum, nantinya dibawah kepemipinan di teras Mapolres Kutim terus dilakukan jajarannya baik dalam giat cipta kamtibmas Operasi Lilin Mahakam.

“Mengapa baik kesatuan korps kami kepolisian bersama Pemkab Kutim, BNK, Dishub Kutim dalam memberikan pengayoman hukum serta keselamatan penumpang juga perlu tes kesehatan dan narkoba karena kami benar-benar ingin memberikan rasa aman kepada masyarakat dan memastikan secara penuh bahwa masyarakat kutim yang menggunakan jasa angkutan umum dapat sehat walafiat dan selamat sampai tujuan,” ucap perwira menengah yang belum lama ini diamanatkan menjadi orang nomor satu-nya di Polres Kutim.

Kapolres Kutim tidak membenarkan dan melanggar hukum apabila dari hasil tes narkoba terindikasi pengemudi yang menggunakan narkoba dan berdampak pada keselamatan penumpang.

“Semua pengendara jasa angkutan umum harus dinyatakan sehat baik fisik dan jasmani. Tindakan tes urine ini mengantisipasi sekaligus penindakan bagi penyalahgunaan narkoba. Dengan tes urine dalam mendeteksi sopir angkutan umum agar tidak mengkomsumsi narkoba merupakan langkah penyelamatan bagi para penumpang,” tutur Indras.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *