Metro Kaltim

Crosshijaber Tak Bisa Dijerat Pidana, Kapolres Pastikan Balikpapan Aman Crosshijaber

Balikpapan, Metrokaltim.com – Crosshijaber atau pria berpenampilan hijab tengah menjadi atensi jajaran Polres Balikpapan. Tak ingin ada crosshijaber di Balikpapan, kepolisian kota itu meningkatkan pengawasan.

Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Firta memastikan, belum ada pria berpenampilan hijab ditemukan di Kota Minyak. “Sampai sejauh belum kami temukan dan belum ada laporan soal crosshijaber di Balikpapan,” katanya kepada wartawan, Sabtu (19/10).

Memang, dia menjelaskan, crosshijaber adalah prilaku menyimpang. Namun hingga saat ini belum ada peraturan yang mengatur tentang pelarangan laki-laki menggunakan pakian perempuan. Oleh karena itu para pelaku crosshijaber belum bisa dijerat pidana.

“Kalau belum ada tindakan-tindakan yang melanggar peraturan tentunya belum bisa dikenakan pidana,” jelas perwira melati dua di pundak itu.

Namun lain halnya jika pelaku crosshijaber melakukan perbuatan kriminal, seperti pelecehan seksual. Wiwin menegaskan, jika pelaku crosshijaber melakukan aski yang melawan hukum akan berurusan dengan kepolisian.

Dengan begitu, dia mengimbau, agar warga Balikpapan tak ragu-ragu melaporkan seseorang dengan prilaku menyimpang yang melakukan aksi kejahatan. “Apabila menemukan orang-orang yang mencurigakan, segera untuk dilaporkan kepada kepolisian terdekat,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi keberadaan crosshijaber di kota ini, Polres Balikpapan tengah meningkatkan pengawasan pengamanan. Pemeriksaan kependudukan akan lebih rutin digelar. Termasuk memeriksa para waria.

“Ya, kami bersama-sama dengan Satpol PP terus rutin melakukan razia-razia kependukan, razia-razia yang tidak sesuai dengan peraturan daerah kami tetap lakukan,” pungkas Kapolres Balikpapan.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *