Dapur Umum Salurkan Bantuan Nasi Kotak untuk Warga Isoman

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dengan didirikannya dapur umum untuk membantu masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) Wali kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meninjau langsung lokasi tersebut yang berada di kantor Eks Dinas Sosial (Dinsos), Jalan MT Haryono, Senin (19/7).

Dalam kunjungan, Rahmad melihat Dinsos dan relawan saling bahu membahu menyediakan nasi kotak untuk warga yang melakukan Isoman. Bahkan dikesempatan itu, dirinya juga membantu menggoreng telur yang akan diberikan untuk masyarakat, serta ikut melipat kotakan.

“Dibukanya dapur umum ini untuk menyediakan makanan bagi warga yang sedang Isoman,” ucap Rahmad Mas’ud saat meninjau dapur umum.

Dirinya menyampaikan, untuk per harinya dapur umum menyediakan makanan untuk tiga kali sehari, akan tetapi untuk besok hanya satu kali saja yakni makan siang, sedangkan untuk makan pagi dan malam akan memperberdayakan UMKM yang ada di kelurahan masing-masing.

“Kenapa melibatkan UMKM, agar perputaran ekonomi tetap berjalan terutama yang terdampak, dan dikoordinir langsung oleh kelurahan dan satgas RT untuk menyiapkan makan pagi dan malam,” jelasnya.

Dan untuk mengurangi beban para UMKM, anggaran ini menggunakan Dana Tidak Terduga (DTT), sehingga tidak harus menunggu hingga pengesahan APBD Perubahan. Hal ini untuk membantu warga yang melakukan Isoman.

Tidak hanya itu, pemkot juga menyiapkan bantuan tunai kepada warga yang terdampak dari penerapan PPKM darurat, namun untuk nominal besar anggarannya belum bisa diketahui karena masih dalam pembahasan.

“Kami siapkan bantuan tunai cukup untuk membeli sembako, dan nilainya pun akan dilihat dari keuangan yang dimiliki pemkot,” paparnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *