Metro Kaltim

Demo di Jakarta Memanas, Polda Kaltim Kirim 1 SSK Personel Brimob

Balikpapan, Metrokaltim.com – Polda Kaltim mengirimkan pasukan brimobnya ke DKI Jakarta, Rabu (25/9) sore. Di sana mereka akan bertugas membantu pengaman unjuk rasa.

Informasi yang dihimpun Metrokaltim.com, unjuk rasa mengenai penolakan Undang-undang (UU) KPK dan Rancangan KUHP belum selesai hingga hari ini. Bahkan, saat ini dikabarkan unjuk rasa tersebut melibatkan pelajar sekolah dan berakhir ricuh.

Plh Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kaltim, AKBP Gunawan Tri Laksono mengatakan, ada 1 SSK (satuan setingkat kompi) pasukan Brimob Polda Kaltim yang diberangkatkan ibu kota negara.

Mereka berangkat menggunakan maskapai penerbangan, sekira pukul 16.00 Wita. “Jumlahnya 100 orang yang berangkat,” katanya kepada awak media.

Lebih jauh, Gunawan menjelaskan, selama di Jakarta, pasukannya akan membantu pengaman aksi unjuk rasa terkait penolakan UU KPK dan RKUHP. Nantinya, setelah tiba di sana, pasukan Brimob Polda Kaltim akan bergabung dengan Polda Metro Jaya.

“Kami mempertebal kekuatan di sana (Jakarta). Karena seperti diketahui, di sana ada kegiatan-kegiatan demo,” jelas perwira melati dua di pundak itu.

Dia menerangkan, hampir semua bidang di Brimob Polda Kaltim masuk dalam tim pasukan pengamanan unjuk rasa ini. Seperti tim pelopor dan gegana, semua ada di antara 100 personel yang berangkat ke Jakarta.

“Termasuk pasukan anti huru-hara. Karena ini menghadapi demo, tentu saja kemampuan hura-hara yang paling utama,” terangnya.

Para pasukan pengamanan unjuk rasa di Jakarta ini juga dilengkapi senjata. Namun, Gunawan memastikan, senjata yang dibawa tidak beramunisi peluru tajam.

“Paling maksimal adalah gas air mata dengan water canon. Tapi water canon kami enggak bawa, disiapkan di sana,” ungkapnya

Namun dia belum mengetahui, sampai kapan personel Brimob Polda Kaltim akan bertugas di Jakarta. Yang jelas pasukannya akan bertugas sampai provinsi itu dipastikan aman. “Jadi kami harapkan cepat kondusif, sehingga cepat bisa kembali,” ujarnya.

Gunawan meminta, pasukannya bisa menjaga dirinya selama bertugas. Dia juga berharap tugas pasukannya di Jakarta bisa berjalan dengan baik. “Berangkat 100 orang, kembali harus 100 orang,” pungkasnya.

(Sur/ Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *