Desa Pait Membara, Sijago Merah Hanguskan 1 Rumah dan 8 Ruko, Kerugian Ditaksir Rp 5 Miliar

Tana Paser, Metrokaltim.com – Warga sekitar Jalan Provinsi RT 7 Desa Pait, Kecamatan Long Ikis, tengah tertidur pulas. Dikagetkan adanya kebakaran, Selasa (16/3) pukul 00.30 Wita. Sontak warga mencari titik api.

Diduga api berasal dari seorang rumah warga yang tak berpenghuni. Kebarakan dini hari ini, menghanguskan 8 toko dan 1 rumah. Dikatakan Kepala Desa Pait, Faisal, jika warga sekitar tiba-tiba melihat gumpalan asap hitam, dan tak lama terdengar ledakan dari salah satu ruko.

“Lokasi pemukiman padat. Dan bahan rumah terbuat dari kayu. Sehingga api dengan cepat menyambar di delapan rumah warga,” kata Faisal.

Bahkan sijago merah dengan cepat menyambar tower telekomunikasi tak jauh TKP. Api berhasil dikendalikan selama 4 jam. “Ya sekira pukul 04.00 Wita, api bisa dipadamkan,” jelasnya.

Akibat dari kebakaran ini, 1 toko pakaian, bengkel, toko ATK, penjualan komputer, konter handphone, rumah warga dan depot air isi ulang hangus terbakar. Sebanyak 9 kepala keluarga dengan rincian 20 orang anggota keluarga terdampak. Saat ini mengungsi di rumah kerabat terdekat. Kerugiaan ditaksir Rp 5 miliar.

“Tak ada korban jiwa. Alhamdulillah bantuan dari lingkungan sekitar banyak membantu,” terang dia.

Dugaan sementara karena arus pendek listrik. Namun saat ini masih proses penyelidikan. “Saat ini masih penyelidikan penyebab kebakaran,” singkat Kabag Ops Polres Paser, Kompol Sarman.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *