Dewan Berharap Pembangunan Sekolah Menjadi Fokus Utama

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Balikpapan tahun 2021-2024. Pembangunan sekolah dan ruang belajar menjadi fokus utama, hal ini ditanggapi Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono, bahwa pembahasan RPJMD akan ditetapkan Peraturan Daerah (Perda) RPJMD.

“Banyak poin-poin yang menjadi Pekerjaan Rumah (PR), seperti RPJMD ditahun 2016 dan 2021,” ucap Budiono.

Budiono memaparkan, ada lima poin yang menjadi perhatian, seperti kekurangan guru, Romble, meyinkronkan program kementerian pendidikan yang berganti. Dimana program kementrian pendidikan Nadiem saat ini memprogramkan merdeka belajar disesuaikan lagi.

Bahkan guru yang belum linier akan diikutkan beasiswa, sehingga mendapatkan honor yang sesuai. Apalagi anggaran pendidikan hanya untuk gaji, tidak menyentuh sarana prasarana, hal ini yang menjadi kekurangan RPJMD 5 tahun lalu.

“Maka itu akan ditindaklanjuti pada RPJMD kedepan, sesuai visi misi wali kota terpilih. Salah satunya kekurangan romble,” ujarnya.

Sementara untuk seragam sekolah gratis, akan di masukan dalam program, seperti instentif guru yang saat ini kecil lantaran adanya indikator guru tidak linier. Maka itu terdapat program beasiswa untuk guru agar dapat mengikuti program S1. Hanya saja yang menjadi fokus utama, perihal rombel, serta beberapa unit sekolah yang akan dibangun.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *