Diduga Bawa BBM Hasil Ngetab di SPBU, Satu Unit Mobil Hangus Terbakar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Warga yang melintas di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, pada Senin (20/7) petang dikejutkan dengan kobaran api yang tiba-tiba menyala dari salah satu mobil yang sedang melintas. Sontak saja, sang sopir yang mengetahui bagian belakang mobil terbakar langsung memberhentikan kendaraannya dan keluar dari dalam mobil.

Diketahui mobil tersebut bermerek Datsun warna putih bernomor Polisi KT 1353 LH yang melintas dari arah Kebun Sayur menuju Karang Anyar.

Insiden kebakaran ini terjadi sekira pukul 18.05 Wita, diduga mobil tersebut mengangkut bahan bakar minyak (BBM) ilegal yang menjadi pemicu kebakaran. Ketika melintas di deoan rumah cagar budaya milik Pertamina, mobil tersebut langsung terbakar.

“Pas saya lihat tadi di dalam mobil ada satu orang saja. Pas keluar asap di dalam mobilnya, dia langsung lari keluar,” ucap salah seorang saksi mata di lokasi kejadian bernama Dodi.

Tidak lama setelah mobil terbakar, petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan tiba di lokasi. Bersama TNI-Polri dan unsur relawan lainnya, mereka berjibaku memadamkan api.

Petugas BPBD saat melakukan pendinginan terhadap mobil yang terbakar.

Namun tidak mudah memadamkan kendaraan berukuran mini itu. Api terus berkobar lantaran banyaknya BBM yang diangkut sehingga menyulitkan petugas menjinakkan si jago merah. Tak hanya menggunakan air petugas pemadam juga menggunakan apar untuk memadamkan api. Baru pada pukul 18.54 Wita, api berhasil dipadamkan.

Setelah padam, terlihat di bagian bagasi belakang mobil terdapat enam jeriken berukuran besar. Jeriken itu berisikan BBM. Hal ini turut dibenarkan salah seorang operator SPBU. Menurutnya, ia sering melihat mobil bernopol KT 1353 LH ini mengetap di SPBU-nya.

“Sering ini mobilnya ke SPBU Gunung Guntur ngetap premium. Tapi sudah kami larang. Jadi mungkin dia ngetap di SPBU Kebun Sayur,” kata petugas SPBU itu.

Hal senada juga disampaikan Ketua KNPI Balikpapan Andi Achmad Mutawally. Kata dia mobil tersebut mengangkut BBM. Hal inilah yang menurutnya membuat mobil suli dipadamkan.

“Pantas lama. Sampai ada tiga kali ledakan tadi. Mungkin gara-gara ini (bawa BBM, Red),” timpalnya.

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kebakaran ini terjadi. Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *