Dinantikan Warga, Komisi II Dorong RSP Sepaku Segera Beroperasi

Penajam, Metrokaltim.com – Meski sudah rampung, bangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang dibangun pada 2017 belum difungsikan. Padahal RSP Sepaku ini memiliki kapasitas 22 tempat tidur.

Melihat itu, anggota Komisi II DPRD PPU Syarifuddin HR mendorong percepatan pengoperasian RSP Sepaku tersebut.

Dia menyebut pengoperasian rumah sakit tipe D tersebut telah dinantikan oleh warga di Kecamatan Sepaku.

“Kami di Komisi II terus mendorong agar rumah sakit pratama itu segera difungsikan agar warga di sana (Sepaku, Red) lebih mudah mengakses layanan kesehatan,” ujar Syarifuddin HR.

Komisi II pun telah melakukan pertemuan dengan Dinas Kesehatan beberapa waktu yang lalu terkait sengan RSP Sepaku. Ia mengungkapkan, pemerintah daerah belum memfungsikan lahanan kesehatan itu karena terkendala masalah teknis. Salah satunya mengenai kajian akademisnya.

“Kami pernah rapat dengan kepala Dinas Kesehatan. Memang dalam waktu dekat ini akan dioperasikan. Kalau tidak salah bulan Juni 2021. Tapi, mereka akan menyelesaikan dulu masalah teknisnya,” beber Syarifuddin.

Politikus Demokrat ini menekankan, seluruh permasalahan teknis di RSP Sepaku harus diselesaikan sebelum dioperasikan. “Mengenai status sari RSP menjadi Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) itu sangat penting. Karena ini juga menyangkut sengan kualitas layanan kesehatan,” pungkasnya.

Diketahui, RSP Sepaku selesai dibangun oleh pemerintah daerah pada 2017. Anggaran pembangunannya bersumber dari alokasi dana khusus (DAK) Rp 8,3 miliar Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Rumah sakit ini pun telah dilengkapi alat kesehatan (alkes) dan tenaga medis yang direkrut melalui penerimaan CONS 2018.

(adv/mk1/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *