Jelang Idul Fitri Sejumlah Harga Bahan Pokok Mengalami Kenaikan, Wali Kota Samarinda Lakukan Sidak ke Pasar

Samarinda, Metrokaltim.com – Hampir setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri sejumlah bahan pokok yang dijual di pasaran mengalami kenaikan, hal ini terjadi lantaran tingginya permintaan bahan pokok dan bahan keperluan menyambut hari lebaran. Salah satunya di pasr tradisional di Kota Samarinda.

untuk itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional dan modern, pada Senin (10/5). Sejumlah tempat yang menjadi sasaran sidaknya diantaranya Pasar Segiri, Pasar Swalayan Modern di Indogrosir, SPBU dan di Pergudangan.

Usai melakukan sidak, Andi Harun menyebutkan terjadi kenaikan sejumlah harga menjelang Idul Fitri 1442 H ini. Salah satunya di pasar tradisional, terutama pada komoditas ikan, daging, ayam dan cabe.

“Rata-rata mengalami peningkatan antara 20 persen hingga 100 persen terutama cabe lonjakannya sangat drastis,” ujar Andi Harun.

Orang nomor satu di Kota Tepian ini bahkan sempat mempertanyakan alasan naiknya sejumlah komoditas di pasar. Karena menurutnya, dengan naiknya harga secara signifikan dapat mempengaruhi inflasi dan daya beli masyarakat.

“Saya tidak tahu ini, apakah karena faktor kurang pasokan, akhirnya berlaku suplay dan deman apakah distribusinya atau ada bermasalah di struktur pasarnya,” tanyanya.

Melihat hal ini, lanjut Andi Harun pihaknya akan menjadikan ini sebagai bahan kajian, baik pemkot, Bank Indonesia maupun stake holder lainnya yang terlibat.

“Pastinya ini akan menjadi evaluasi kami, mulai dari pasokan hingga struktur pasarnya sebagai kajian. Kami tidak ingin ada tindakan spekulatif mengenai harga dari pihak yang mengambil  keuntungan terkait permintaan tinggi menjelang idul fitri. Yang jelas kami akan kaji melalui data-data yang ada  agar hari raya idul adha akan datang harga komoditas bisa ditekan,” tandasnya.

(adv/mk/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *