Dinas Perkebunan Kaltim Pasarkan Produk Olahan Petani di Four Point Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Hotel Four Point by Sheraton melaksanakan Launching Kebun Kaltim. Dalam agenda Workshop pengelolahan dan pemasaran perkebunan dan penandatanganan MoU kerjasama perluasan jaringan pemasaran komoditi perkebunan, Selasa (26/10) sore.

Dalam kesempatan ini, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Perkebunan Kaltim yang sudah bekerjasama dengan perhotelan, khususnya di Four Point by Sheraton Balikpapan untuk memasarkan produk-produk olahan dari para petani.

“Saya kira salah satu masalah penting pada petani adalah pemasaran, dan kedepan jika perlu akan diekspor,” ucap Hadi Mulyadi saat ditemui awak media di room meeting foour Points, Selasa (26/10) sore.

Dirinya minta agar seluruh Hotel di Kaltim menyediakan produk-produk olahan dari petani, dan ini bagian dari kreativitas melawan situasi perekonomian yang menurun selama 2 tahun terakhir ini karena pandemi. Tetapi kreativitas ini tidak boleh berhenti, apakah pandemi ini ada atau tidak ada.

“Tetap kita kreatif dan berinovasi untuk membangun perekonomian melalui jalur perkebunan,” jelas Hadi panggilan akrabnya.

Launching Kebun Kaltim.

Tempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim Ujang Rachmad menambahkan, ia ingin memberikan akses dan fasilitas para pekebun di Kaltim yang telah melakukan pengolahan produknya, sehingga tidak ada kendala kesulitan memasarkan.

“Karena pasar itu menjadi batal naik untuk usaha perkebunan di hulunya,” tambah Ujang Rachmad.

Sehingga jika pemasarannya lancar, produksinya bagus, maka petani di kebunnya akan memproduksi komoditas perkebunan itu menjadi lebih banyak juga. Dan ini strategi yang akan dikembangkan, bekerjasama dengan Four Point hari ini (26/10).

“Dan harapannya seperti istruksi Pak Wagub, semua hotel di Kaltim bisa memanfaatkan dan menggunakan produk hasil Kaltim sendiri, seperti kakau, coklat dan merica,” imbuhnya.

Dijelaskannya, jika Hotel di Kaltim bisa memanfaatkan itu artinya ada kebutuhan yang sangat besar untuk produk-produk tersebut, dan pada akhirnya itu menjadi kesejahteraan berkebun dan bertani. Yang tujuannya tidak lain adalah bagaimana bisa memberi fasilitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kaltim melalui usaha perkebunan.

Lebih jauh Jendral Manajemen Four Point by Sheraton M Jufri Sakka menuturkan, ini inisiasi yang luar biasa antara Four Point by Sheraton Balikpapan dengan Dinas Perkebunan Provinsi. Apalagi Kaltim punya potensi dari sisi perkebunan, dan pihaknya menyambut baik ide yang sangat luar biasa ini, untuk sama-sama saling mendukung terutama dari produk-produk khusus UMKM binaan dari Dinas Perkebunan Kaltim.

“Kami juga sebagai salah satu bentuk dukungan untuk mengembangkan produk-produk ini, kami sangat mendukung dan akhirnya kerjasama ini bisa berlanjut,” tegas Sakka.

Sedangkan untuk kerja sama ini ada dua, pertama bahan-bahan dari hasil perkebunan Kaltim yang diolah oleh teman-teman UMKM itu digunakan di hotel. Dan dijual sebagai oleh-oleh dilobi hotel.

“Untuk teknis pemasarannya diserahkan di hotel, dan itu sebagai bagian pemasaran dan pengenalan produk kita kepada tamu-tamu terutama yang berasal dari luar Kaltim,” tuturnya.

Pemasaran ini baru dilakukan di Four Point Balikpapan saja, namun kedepannya akan ada beberapa hotel di grup Four Point yang sudah tertarik untuk memasarkan produk UMKM di hotelnya. Dan insya Allah bisa berlanjut ke tahap MoU nantinya, khususnya yang di luar dari Balikpapan.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *