Direktorat Resnarkoba Polda Kaltim Musnahkan 989 Gram Sabu-Sabu

Balikpapan, Metrokaltim.com – Direktorat Resnarkoba Polda Kaltim menggelar pemusanahan barang bukti narkoba, pada Selasa (11/5) lalu. Dalam kegiatan ini, sabu-sabu seberat lebih 989 gram bruto dibuang pemiliknya ke toilet.

Diketahui, 989 gram bruto sabu-sabu itu milik tersangka penyalahgunaan narkoba bernama Erik. Saat pemusnahan berlangsung, Erik dihadirkan untuk menjadi saksi mata. Pemusnahan ini dipimpin Direktur Resnarkoba Polda Kaltim Kombes Pol Akhmad Shaury.

Kegiatan yang berlangsung di ruang konferensi pers Mapolda Kaltim itu turut dihadiri pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan serta kuasa hukum Erik. Awalnya, petugas kepolisian menyiapkan baskom bening berisi air. Kemudian, oleh Shaury bersama stafnya dan pihak kejaksaan, sabu-sabu seberat 989,1 gram bruto dimasukan ke dalam baskom tersebut. Setelah itu mereka memikser serbuk setan itu hingga larut dengan air.

Melihat barang haramnya dimusnahkan, Erik hanya bisa tertunduk lesu. Oleh petugas kepolisian, Erik ditugaskan untuk menuntaskan kegiatan pemusnahan barang bukti ini, yaitu membuang sabu-sabu yang telah larut dengan air di kloset kantor Ditresnarkoba.

Dijelaskan Shaury, sebenarnya ada 992,2 gram bruto sabu-sabu milik Erik. Namun 3,1 gram bruto lainnya telah disisihkan untuk keperluan uji keaslian di Laboratorium Forensik Polri dan untuk dijadikan barang bukti dipersidangan nanti.

Sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan dalam air dan dibuang ke toilet.

“Jadi total ada 989,1 gram sabu-sabu yang kami musnahkan. Awalnya semua barang tersebut dikemas ke dalam 19 bungkus plastik klip,” jelas Shaury tanpa membeberkan kronologis pengungkapan narkoba ini.

Dengan adanya pemusnahan narkoba ini, dia meminta kepada seluruh masyarkat, agar jangan coba-coba menyalahgunakan narkoba. Sebab, dengan mengonsumsi narkoba bisa merusak kesehatan. Aparat keamanan pun tidak akan segan-segan menindak tegas pelaku kejahatan narkoba.

“Untuk itu kami imbau kepada semua masyarakat jangan pernah coba-coba menggunakan narkoba,” ujar perwira melati tiga di pundak itu.

Lebih lanjut, Shaury menyampaikan terima kasih kepada masyarakat. Sebab, banyak kasus narkoba yang diungkap pihaknya berkat kerja sama yang baik dengan masyarakat. “Kami mengapresiasi peran masyarakat yang luar biasa besar membantu Polri mengungkap jaringan narkoba,” ucapnya.

Dia pun meminta agar masyarakat tidak pernah berhenti membantu aparat keamanan dalam memberantas narkoba. “Kalau ada menemukan ada oknum yang melakukan transaksi narkoba, segera laporkan ke pihak kepolisian terdekat,” tutupnya.

(tya/riyan)

One thought on “Direktorat Resnarkoba Polda Kaltim Musnahkan 989 Gram Sabu-Sabu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *