Disiplin Berkendara, Fadly Inginkan Penerapan ETLE di Paser

Tana Paser, Metrokaltim.com – Perkembangan teknologi menuntut semua elemen untuk dapat beradaptasi, tak ketinggalan zaman. Seperti yang dilakukan Polri, demi meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kinerja membuat terobosan baru, yakni sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Secara sah telah di_launching_ pada Selasa (23/3). Namun untuk tahap I Korlantas Polri akan meluncurkan 244 kamera ETLE di 12 Polda. Diantaranya, Polda Metro Jaya 98 titik, Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jawa Tengah 10 titik. Sementara untuk Polda Kaltim ditargetkan pada 28 April Mendatang.

Menyikapi terobosan baru itu, Wakil Ketua DPRD Paser, Fadly Imawan yang turut menyaksikan launching di Mapolres Paser mengatakan, ETLE juga nantinya hadir di Daya Taka.

“Karena membuat masyarakat mendisiplinkan diri dalam berkendara,” ucap Fadly Imawan.

Seperti diketahui, untuk Kota Balikpapan menjadi pilot project penerapan ETLE di lingkungan hukum Polda Kaltim. “Nanti pada gilirannya di Kabupaten Paser, tentu kami mendukung dan mengapresiasi program ini,” terang Politisi Golkar ini.

Terkait penerepan ETLE nantinya, Fadly Imawan meminta untuk lebih dulu menyosialisasikan kepada masyarakat, bagaimana sistem kerja dari tilang elektronik itu.

“Tujuannya ini meningkatkan kesadaran berlalu lintas. Kami juga minta masyarakat meski belum diterapkan ETLE, untuk selalu mematuhi rambu-rambu dalam berkendara, termasuk kelengkapan berkendara,” terang dia.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Paser AKP Donny Dwija Romansa mengatakan, untuk penerapan ETLe pihaknya segera berkoordinasi dengan Pemkab Paser, khususnya sarana dan prasarana.

“Berkoordinasi dengan Dishub (Dinas Perhubungan) jika sudah dapat titik temu. Dan ketika Polres paser telah mendapat giliran untuk menerapkan ETLE,” tandas Donny.

(adv/sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *