Distan dan Kesmavet Kutim Beri Vaksi Rabies Gratis ke Ribuan Hewan Peliharaan

Kutai Timur, Metrokaltim.com – Kegiatan Program Kementerian Pertanian memberikan bantuan vaksin rabies ke seluruh Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Kutim, Sangatta Utara. Pemerintah Kabupaten Kutim bersama Dinas Pertanian (Distan) melalui Bidang Peternakan Seksi Kesehatan Hewan dan Kesmavet menyelenggarakan vaksin rabies di Taman Bersemi (Ex STQ), pada Kamis (12/3).

Adapun kegiatan pemberian vaksinasi rabies itu dilakukan gratis pada beberapa jenis hewan peliharaan khususnya anjing, kucing, dan kera. Dengan tujuan sebagai pencegahan terhadap penyakit rabies yang rentan menyerang hewan tersebut.

Drh Cut Meutia yang mewakili Kepala Distan Sugiono mengatakan, pemberian vaksin rabies ini adalah upaya pencegahan penularan penyakit rabies akibat gigitan hewan peliharaan ke manusia, agar target Indonesia bebas rabies bisa tercapai.

Beri suntikan vaksin agar hewan peliharaan bebas dari rabies.

“Ini adalah upaya sosialisasi dan pemahaman tentang bahaya rabies kepada masyarakat, diharapkan penyebaran virus rabies dapat dihentikan dan pada akhirnya target Indonesia bebas rabies akan tercapai. Di Kutim sendiri alhamdulillah aman tidak ada penderita rabies,” ujarnya.

Ia menjelsakan bahwa Kabupaten Kutim mendapatkan 3.000 dosis yang di sebarkan ke enam UPT yang ada yakni, Kecamatan Bengalon, Kaliorang, Teluk Pandan, Rantau Pulung, Teluk Pandan dan Sangatta. Sebelumnya Bidang Peternakan Kesmavet sudah melakukan vaksin door to door di beberapa desa dalam kota Sangatta.

“Sebelumnya kita laksanakan vaksin door to door ke daerah Kabo Jaya, Kampung Tator, Tongkonan Rannu dan Sangatta Selatan ada sekitar 90 ekor kucing yang sudah di vaksin rabies suntikan vaksin rabies tersebut diperuntukkan bagi hewan yang belum terinveksi virus rabies,” bebernya.

Ia juga mengimbau, pada masyarakat sangat di butuhkan dalam kesadaran membantu petugas untuk melakukan vaksinasi hewan peliharaan. Dan bagi yang belum memvaksin hewan peliharaannya di harapkan agar dapat mendatangi kantor bidang peternakan di Dinas Pertanian Kutim. “Sayangi hewan kesayangan kita dengan memberikan vaksin rabies,” tutup Cut Meutia.

(advrina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *