Dorong UMKM Lokal, Kecamatan Tenggarong Seberang Canangkan Pembangunan UMKM Center

KUKAR, Metrokaltim.com – Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanagera (Kukar), terus berupaya dorong Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), agar dapat menggenjot ekonomi masyarakat lokal.

Upaya mendukung pelaku UMKM, Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang bakal membangun UMKM Center, pada tahu 2024 mendatang.

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono, mengungkapan, dengan adanya pembangunan UMKM center di Tenggarong Sebrang, dapat berfungsi sebagai, wadah perbelanjaan jajanan lokal, berfungsi sebagai oleh-oleh.

“Pelaku UMKM yang sudah terdata di Tenggarong Seberang ada sekitar 1.600, tapi masih ada lagi yang belum di data dari 18 desa di Tenggarong Seberang,” ungkap Tego Yuwono kepada awak media, Sabtu (06/11/2023).

Dia menjelaskan, UMKM Center sangat dibutuhkan guna menampilkan produk lokal khas Kutai. Maka dari itu rencana pembangunan ini akan menjadi prioritas, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Tenggarong Seberang.

“Pembangunan UMKM Center kita prioritaskan tahun depan, hal ini untuk meningkatkan perekonomian mereka,” jelasnya

Perlu diketahui, berbagai jenis olahan dari pelaku UMKM Tenggarong Sebrang, mulai dari kripik pisang, singkong, belut dan dan beragam jenis makanan lainnya.

Selain itu, lanjut Tego , Pemerintah Kecamatan, terus mendorong pelaku UMKM lokal, agar terus memasarkan dagangan mereka ke pasar yang lebih luas.

“Kita berikan pelatihan cara mengemas, agar produk tersebut pangsa pasar nya lebih luas seperti pasar modern, maupun ke sejumlah perusahaan,” ucapnya

Terakhir dia berharap, kedepan dengan adanya UMKM Center khususnya pelaku UMKM makin sejahtera. Hal ini bagian dari bentuk perhatian pemerintah Kecamatan Tenggarong kepada pelaku UMKM.

“Kami berharap pelaku UMKM kita orderannya meningkat dan makin sejahtera,” harapnya.

( ADV/ Diskominfo Kukar)

112

Leave a Reply

Your email address will not be published.