DPRD Balikpapan Gelar Paripurna, Agenda Penyampaian Pandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Nota Penjelasan Wali Kota

Balikpapan, Metrokaltim.com – DPRD kota Balikpapan menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap nota penjelasan wali kota Balikpapan atas rancangan peraturan daerah Balikpapan tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Ketua DPRD kota Balikpapan Abdulloh menjelaskan, pandangan umum fraksi adalah mendokumentasikan dari nota penjelasan wali kota terhadap rancangan APBD perubahan 2021. Dari nota penjelasan yang disampaikan wali kota kepada DPRD, maka DPRD kembali memberikan pertanyaan dan solusi yang dijawab wali kota saat Paripurna Rabu (22/9) mendatang.

Lanjutannya, yang mana wali kota akan memberikan jawaban setiap pertanyaan dan masukan yang disampaikan melalui pandangan umum fraksinya, dengan tahapan itu wali kota menjawab pertanyaan ataupun argumentasi dari setiap fraksi-fraksi.

“Maka akan dilanjutkan dengan pendapat akhir fraksi bahwa jawaban wali kota dapat disimpulkan,” ucap Abdulloh usai rapat paripurna, Senin (20/9).

Dijelaskannya, bahwa dalam pendapat akhir fraksi akan dilakukan kesepakatan atau persetujuan bersama, dari rancangan APBD Perubahan 2021 menjadi APBD Perubahan 2021 yang disepakati pada Kamis (23/9) mendatang.

“Jadi hari Rabu (22/9) jawaban wali kota dan Kamis (23/9) jawaban pandangan akhir fraksi,” ujar Ketua DPRD.

Dilanjutkannya, untuk APBD Perubahan tidak boleh ada defisit anggaran dan setelah ada defisit sekitar Rp 649 miliar, maka akan ditutupi dengan pembiayaan sehingga harus zero (0). Namu secara garis besar yang lebih disoroti dari semua fraksi, rata-rata terkait dengan implementasi pelaksanaan di APBD Murni 2021 yang belum dilaksanakan, untuk dilaksanakan di APBD Perubahan tahun 2021.

“Sehingga evaluasi dari APBD Murni 2021 ada beberapa hal yang mengalami perubahan, ada yang di naikkan dan ada juga kegiatan yang harus diselesaikan di APBD Perubahan 2021. Jadi solusinya mengevaluasi APBD murni di APBD Perubahan,” paparnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *