DPRD Samarinda Berharap UMK Naik, Demi Menunjang Kesejahteraan Buruh

Samarinda, Metrokaltim.com  –
Anggota DPRD Samarinda berharap Pemerintah Kota Samarinda berpihak kepada buruh atau pekerja dalam menentukan UMK demi kesejahteraan hidup.

“Saya harap ada pertimbangan lebih bijaksana lagi supaya kemudian daya beli masyarakat atau ekonomi masyarakat untuk memperoleh gizi dari makanan sehari harinya bisa terpenuhi,” kata Anggota Komisi IV DPRD Samarinda, Suriani saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa(24/11/2021).

Sebagaimana diketahui, penetapan tentang besaran upah buruh di setiap daerah diputuskan kepala daerahnya melalui Surat Keputusan (SK).

Untuk itu, dengan pertimbangan beragam aspek dalam penentuan upah, Dewan Pengupahan Kota (DPK) Samarinda bisa memanusiakan pekerja.

“Kalau upah bisa lebih tinggi karena saat ini masyarakat menerima pukulan berat akibat dampak pandemi Covid – 19,” ucap Suriani,

Lanjut ,Politisi partai PDI Perjuangan  sebagaimana kondisi buruh di masa wabah Corona dua tahun terakhir banyak yang dirumahkan karena pendapatan perusahaan menurun. Dengan diumumkannya UMP Kaltim dari Gubernur Kaltim, Isran Noor sebesar Rp 3 juta 14 ribu pada hari Jum’at malam kemarin, besaran upah bagi karyawan di Samarinda bisa naik sesuai aturan dan pengalaman penentuan upah paada tahun – tahun sebelumnya.

“Di tingkat kota tentunya menyesuaikan. Artinya penetapan upah di Samarinda nantinya tidak menurun,” terangnya.

(ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *