DPRD Samarinda Tegaskan Ideologi Kebangsaan Pada Generasi Muda

Samarinda.Metrokaltim.com- Selain berperan untuk menyeimbangkan kebijakan pemerintah, pasalnya para wakil rakyat juga memiliki tanggung jawab yang tak kalah pentingnya. Seperti memupuk pentingnya ideologi kebangsaan pada generasi muda.

Melalui sosialisasi pembinaan ideologi kebangsaan Pancasila dan wawasan kebangsaan, para anggota DPRD Samarinda pun berharap agar generasi muda bisa memiliki kecintaan negara seperti yang diharapkan.

Seperti sosialisasi oleh anggota Komisi II DPRD Samarinda, Laila Fatihah saat melaksanakan kegiatan pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di Yayasan Pendidikan Labbaika, Kampus Labbaika Samarinda Seberang, Kamis (24/11/2022).

Laila Fatihah menyampaikan, wawasan kebangsaan bagi peserta didik dalam rangka merekatkan pemahaman ideologi Pancasila sebagai dasar negara, serta bhineka tunggal Ika sebagai semboyan persatuan yang terus ditampilkan generasi muda.

“Melalui wawasan kebangsaan ini, sebagai bekal yang diberikan untuk mempertebal nilai-nilai semangat kebangsaan dan mampu diamalkan para anak didik kita,” kata Laila sapaannya.

Menurutnya, generasi muda khususnya para pelajar menjadi sektor dasar dalam memperkokoh jati diri bangsa ini yang dimulai sejak dini.

Lanjut dia, sebagai insan pendidikan, pelajar merupakan leading sektor dalam mencerminkan perilaku wawasan kebangsaan di generasi muda, keluarga hingga masyarakat. Memanfaatkan generasi muda sebagai transfer ilmu pengetahuan, pemahaman moral serta nilai-nilai nasionalisme bagi masyarakat.

Ia berharap, degradasi wawasan kebangsaan jangan sampai terjadi, dan perlu terus di cegah. Sebab, perkembangan budaya global serta teknologi informasi telah menggerus rasa cinta tanah air dan bela negara generasi muda Indonesia.

“Tentunya dengan sosialisasi ini, kita memasukan satu substansi pembentukan karakter kepada generasi muda kita. Tujuannya untuk membangun Keberlangsungan wawasan kebangsaan generasi penerus bangsa yang luar biasa,” ujarnya.

4

Leave a Reply

Your email address will not be published.