Ketua DPRD Samarinda Dukung dan Apresiasi Pelaksanaan Pesparawi 2022

Samarinda.Metrokaltim.com- Pelaksanaan Pekan Seni Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Samarinda ke-II 2022 yang berlangsung pada Kamis (24/11/2022) mendapat dukungan penuh dari para wakil rakyat Kota Tepian.
Kegiatan keagamaan yang dilangsungkan di gedung Budi Mulia Jalan Urip Sumoharjo, Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir itu diharapkan agar terus berlangsung setiap tahunnya.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung setiap tahunnya,” kata Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono dikonfirmasi, Kamis (24/11/2022).

Dengan tema ‘Adalah Baik untuk Menyanyikan Syukur Kepada Tuhan’ (Mazmur 92:2) kegiatan berlangsung cukup hidmat. Kegiatan yang merupakan bagian kegiatan pembinaan mental spiritual dan etika umat Kristen, sekaligus sebagai wahana perwujudan iman dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Pesparawi pertama kali digelar pada tahun 1981 yang diprakarsai Ditjen Bimas Kristen.

Pertama kalinya dilaksanakan dengan nama Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) pada tanggal 16 s/d 20 juni 1983 di Balai Sidang Senayan, Jakarta. Disusul dengan kegiatan PESPARANI Nasional II yang diselenggarakan pada tanggal 24 s/d 29 Juni di Stadion Klabat, Manado.
Kata pesta dalam Pesparawi maksudnya adalah kegiatan yang bersifat perayaan ritual yang dibarengi dengan ucapan syukur dan rasa gembira yang bersifat rohani, Jadi, bukan dalam pengertian pesta ria yang merupakan foya-foya yang bersifat jasmaniah.

Pesparawi adalah bagian dari kegiatan pembinaan mental dan spiritual, moral dan etika umat Kristen, sekaligus sebagai salah satu perwujudan iman Kristen dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
Pesparawi sebenarnya adalah bagian yang tidak terpisahkan dari ibadah gerejawi, sekaligus merupakan ungkapan syukur dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Apa itu Pesparawi merupakan sarana atau media peningkatan sumber daya manusia di bidang seni budaya yang bernapaskan kekristenan sekaligus sumber motivasi dan inspirasi untuk mempererat tali persaudaraan dan rasa kebersamaan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Semoga kegiatan seperti ini dapat berlangsung setiap tahunnya, dan menghasilkan paduan suara terbaik sehingga mampu untuk mewakili kota Samarinda di event – event Nasional maupun Internasional,” harapnya.

4

Leave a Reply

Your email address will not be published.