Dua Desa di Grogot, Swadaya Bangun Depo Sampah

Tana Paser, Metrokaltim.com – Warga dari dua dlwilayah di Kecamatan Tanah Grogot, yakni Desa Senaken dan Jone, terlihat kompok gotong-royong membangun depo sampah, Minggu (21/3) pagi. Pengerjaan secara swadaya harus dilakukan, mengingat anggaran yang dikucurkan Pemkab Paser, hanya untuk tempat pengolahan sampah.

“Tentu sangat terbantu adanya swadaya dan gotong-royong ini, terkait pengerjaan jalan masuknya. Karena memang anggaran kami terbatas,” kata Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, Harjana, sela-sela kegiatan.

Tak hanya sampah dari dua desa itu, namun sampah dari Pasar Induk senaken juga nanti akan dibawa ke Depo. Dijelaskannya, armada pengangkutan sampah dari lingkungan RT menuju Depo Sampah. Imengaku akan mendistribusikan kendaraan roda tiga dengan bak terbuka sebanyak 8 unit.

“Keseluruhan kami ada 20 unit kendaraan roda tiga. Empat lainnya lebih dulu suda beroperasi di wilayah senaken dan Jone. Dan empat unit lagi yang akan didistribusikan,” terang dia.

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna Desa Senaken Edwin Santoso menuturkan, apa yang dilakukan bersama warga, sebagai bukti nyata jika gotong-royong takkan pernah luntur.

“Ingin mengembalikan semangat gotong royong masyarakat, bagaimana peduli dan cinta akan lingkungan,” tandas Edwin.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *