Dua Pekerja Tambang Diduga Terkubur dalam Lubang Galian saat Longsor di Muara Jawa, Basarnas Kaltim Diterjunkan

Kutai Kartanegara, Metrokaltim.com – Insiden tanah longsor di lokasi tambang kembali terjadi. Kali ini tanah longsor terjadi di tambang milik PT Kaltim Batu Manunggal (KBM) Batuah Kecamatan Loajanan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Minggu (24/10) dini hari.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim), menerima informasi tanah longsor tersebut pada Minggu (24/10) pagi sekira pukul 09.15 Wita. Disebutkan kejadian tanah longsor yang menimbun dua pekerja itu terjadi sekira pukul 02.00 Wita, di kawasan PT LBS site KBM, Desa Air Panas, Teluk Dalam, Kecamatan Muara Jawa, Kukar.

Basarnas Kaltim apel sebelum melaksanakan giat SAR pencarian korban tertimbun longsor di Kukar.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Melkianus Kotta mengatakan akibat longsor tersebut ada dua pekerja tambang tersebut atas nama Sugiharto (50) warga Samarinda selaku konsultan enginering dan Paiman (48) warga Dusun Tani Bahagia selaku pekerja KTT terseret longsor saat berada di dalam mobil.

“Informasi kami terima dari bapak Yusdi Kepala Bagian HR telah terjadi musibah tanah longsor di daerah galian tambang PT KBM Batuah Kukar. Kronologinya saat itu dua orang korban berada si dalam mobil, kemudian terseret longsor dan masuk ke dalam kolam galian tambang,” beber Melkianus Kotta, Minggu (24/10).

Mendapati laporan tersebut tim Rescue Kantor SAR Balikpapan tengah bergerak menuju lokasi kejadian.

“Peralatan yang kami kerahkan truk personel, Rescue Dmax, peralatan CSSR, peralatan Montenering, peralatan SAR Air Lengkap, Rubber Boat dan Alkom,” katanya.

Sejauh ini pencarian mulai dilakukan di lokasi galian tambang yang diduga tempat korban tertimbun. Selain tim rescue dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan turut terlibat pihak Polsek Batuah dan PT KBM.

(Riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.