Metro Kaltim

Dua Penghargaan Balikpapan CSR Award 2019 Disabet Pertamina, Ini Kategorinya

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dua penghargaan sekaligus diraih Pertamina melalui unit bisnisnya Refinery Unit V Balikpapan dan Integrated Fuel Terminal Balikpapan – Marketing Operation Region VI Kalimantan. Penghargaan yang diraih yakni Balikpapan CSR Award 2019 dari Forum Komunikasi CSR Balikpapan Kamis (5/12). Penghargaan diserahkan Walikota Balikpapan Rizal Effendi, di Hotel Platinum Balikpapan.

Penghargaan itu sebagai wujud apresiasi Pemerintah Kota Balikpapan melalui Forum Komunikasi CSR Balikpapan, atas komitmen dan kontribusi Pertamina terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar dalam menjalankan kegiatan operasi bisnisnya. 

Kedua penghargaan yang berhasil diraih itu adalah Kategori Instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berhasil diraih oleh Unit Operasi Pertamina RU V Balikpapan melalui program pemberdayaan masyarakat Sungai Wain, serta kategori bidang kesehatan melalui pelaksanaan program Pertamina SEHATI yang dilaksanakan oleh Integrated Fuel Terminal Balikpapan.

Wali Kota Rizal Effendi berikan penghargaan ke Pertamina.

Program pemberdayaan masyarakat Sungai Wain adalah upaya Pertamina RU V Balikpapan, dalam menjaga kelestarian kawasan hutan lindung Sungai Wain sebagai salah satu sumber pasokan utama air bersih untuk kota Balikpapan melalui pemberdayaan masyarakat di daerah tersebut.

Melalui program pelatihan pembuatan aneka kerajinan berbahan baku limbah kayu, ranting dan batok kelapa, bantuan alat produksi serta pelatihan promosi, diharapkan masyarakat Sungai Wain dapat hidup selaras dengan alam dan turut berperan serta aktif menjaga lingkungan.

Sementara program CSR Pertamina SEHATI yang dilaksanakan di kawasan Gunung Polisi Balikpapan merupakan upaya Pertamina untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya bagi ibu dan balita melalui pemberian makanan tambahan, pembuatan dapur sehat dan peningkatan keterampilan kader posyandu dalam membuat kreasi makanan sehat.

Selain kedua program tersebut, Pertamina juga melaksanakan beberapa program CSR bidang pendidikan melalui program kampung literasi yang bekerjasama dengan Taman Bacaan Masyarakat An-Nissa di Klandasan, Balikpapan untuk meningkatkan minat baca dan menyebarkan budaya literasi untuk masyarakat Balikpapan. Juga melaksanakan program Kreasi berdaya warga lapas (kredawala) yang menyiapkan warga binaan Lapas untuk kembali ke lingkungan melalui pembekalan keterampilan.

Balikpapan CSR Award 2019.

Rizal Effendi dalam kegiatan tersebut menyampaikan harapannya agar melalui ajang penghargaan ini mampu mendorong perusahaan untuk meningkatkan kontribusi terhadap kota Balikpapan melalui pelaksaan program CSR.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih atas kontribusi CSR yang telah dilaksanakan dan berharap program CSR yang dilaksanakan juga semakin berkualitas dalam membantu pemecahan permasalahan sosial di masyarakat”, ujar Rizal.

Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Heppy Wulansari menyampaikan terima kasih atas penghargaan Balikpapan CSR Award 2019 yang diberikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan. “Penghargaan Balikpapan CSR Award yang diterima merupakan wujud apresiasi Pemerintah Kota Balikpapan atas program CSR yang telah dilaksanakan Pertamina, dan menjadi penyemangat bagi kami untuk terus melaksanakan program CSR yang menunjang keberlanjutan kehidupan masyarakat,” tutup Heppy.

Balikpapan CSR Award tahun 2019 diikuti oleh 35 instansi di Kota Balikpapan yang terdiri dari Lembaga Pemerintahan, BUMN, Swasta yang berasal dari berbagai sektor seperti Migas, perbankan, otomotif, jasa, pertambangan, dan berbagai bidang lainnya yang dalam penilaiannya dilakukan oleh 4 orang juri yang terdiri dari akademisi, praktisi dan pemerhati program CSR.

(idris/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *