Dukung IKN, Pertamina Serahkan 50 Rumah Layak Huni Untuk Warga PPU Dan Balikpapan

PPU, Metrokaltim.com – Guna mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Kodam VI Mulawarman membangun 50 unit Rumah Layak Huni (RLH). RLH ini diperuntukkan bagi masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) dan Balikpapan. Penyerahan simbolis dilaksanakan di Balai Kelurahan Buluminung Kec. Penajam, Kab. Penajam Paser Utara, Sabtu (23/09).

“Mahal memang tapi itu sebuah kenyataan dan dampaknya sangat signifikan dalam upaya penurunan angka kemiskinan di Kaltim. Terima kasih sekali lagi buat Pertamina,” kata Isran Noor Gubernur Kalimantan Timur.

Isran juga berharap kepada masyarakat yang menerima rumah layak huni ini untuk dapat merawat dengan baik dan memanfaatkan dengan baik rumah ini.

“Oleh sebab itu, manfaatkan bantuan yang diterima dengan sebaik- baiknya. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat yang nyata dan mendukung pembangunan Kalimantan Timur,” harap Isran.

Pjs. Vice President CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari mengatakan pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat IKN merupakan salah satu upaya Pertamina dalam mendorong kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan akses sanitasi yang layak.

“Pembangunan ini dilaksanakan sebagai wujud dari komitmen Pertamina untuk memberikan dampak bagi lingkungan yang lebih baik, sehat dan nyaman bagi masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dalam artian kelestarian alam, lingkungan dan masyarakatnya,” ujar Sari.

Pembangunan RLH dilakukan Pertamina dalam rangka program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Hal ini juga bentuk dukungan Pertamina dalam membantu upaya pemerintah membangun ekonomi yang inklusif dan merata di Indonesia.

Imran, salah satu warga Penajam Paser Utara sebagai penerima manfaat RLH menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pertamina. “Kami berharap program ini terus berlanjut mengingat masih banyak warga yang sangat membutuhkan rumah yang layak,” jelas Imran.

Pembangunan 50 RLH tersebar di Penajam Paser Utara dan Balikpapan. RLH juga dilengkapi dengan tandon air sebagai tempat penampungan air bersih dan tangki septik (septic tank) yang layak. Sehingga kebersihan lingkungan dan kesehatan rumah hunian dapat terjaga.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations dan CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyampaikan komitmen Pertamina dalam melaksanakan program TJSL. “Melalui pilar program TJSL, Pertamina telah konsisten membantu masyarakat setempat di sekitar wilayah operasi Pertamina. Harapannya Pertamina dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat setempat terutama dalam upaya meningkatkan SDM dan Kualitas Kesehatan masyarakat,” jelas Chandra.

Dukungan terhadap Ibu Kota Nusantara (IKN) ini bukan kali Pertama dilakukan oleh Pertamina. Selain Rumah Layak Huni, Pertamina juga memiliki program Ketahanan Pangan di sektor pertanian untuk mendukung IKN.

Secara khusus program Rumah Layak Huni ini juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin 3 yaitu menjaga kehidupan masyarakat yang sehat dan sejahtera, serta poin 11 menjamin akses terhadap perumahan yang layak dan aman untuk menjadikan kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan. Juga sejalan dengan implementasi prinsip Environmental Social and Governance (ESG).

Chandra juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan stakeholder selama ini. “Kami (Pertamina) akan terus berupaya dalam membantu masyarakat sekitar lewat program TJSL. kami (Pertamina) juga berterima kasih kepada para stakeholder yang telah turut membantu dalam merealisasikan seluruh program TJSL Pertamina selama ini,” tutup Chandra. (*/ Ries).

100

Leave a Reply

Your email address will not be published.