Dukung Kemajuan Sektor Pertanian di Kukar, Pemkab Berikan Fasilitas Kebutuhan Petani

KUKAR, Metrokaltim.com – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) Muhammad Taufik, mendorong kemajuan sektor Pertanian di seluruh wilayah Kabupaten Kukar.

Kabupaten Kukar, memiliki wilayah yang cukup besar untuk membuat segudang sektor kehidupan, seperti bidang Pertanian yang sangat potensial dalam pengembangan sektor tersebut.

Kepala Distanak Kukar Muhammad Taufik mengatakan, Pendalaman guna kemajuan Sektor Pertanian tidak boleh terlepas dari lima aspek yaitu, pertama air, kedua benihnya, ketiga pupuknya, keempat penyuluh, dan yang terakhir Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan).

“Terutama yang paling penting adalah air. Air merupakan hal yang paling penting dalam sektor pertanian, petani kita masih sebagian besar memakai sistem tadah hujan” sebutnya Muhammad Taufik pada, Senin (16/10/2023).

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, melakukan pembangunan Embung guna menghadapi kekurangan air dalam sektor pertanian.

“Bagian dari upaya pemkab kukar dikawasan sektor pertanian itu, strategi penyediaan air atau irigasi. Seperti, membangun embung” ungkapnya

Lanjut ia katakan, kendala yang biasa dihadapi pada sektor pertanian ialah musim kemarau berkepanjangan yang menjadi faktor kurangnya pasokan air sehingga menyebabkan terjadinya gagal panen.

Akan tetapi, upaya yang dilakukan Pemkab Kukar untuk mengatasi ketersediyaan air, dengan memberikan bantuan pompa air untuk antisipasi hadapi musim kemarau.

“Pemkab kukar bersinergi dengan pusat untuk penyiapan pompa sebagai antisipasi kemarau berkepanjangan” ucapnya

Ia pun berharap, Dengan semua bantuan yang telah diberikan oleh Pemkab Kukar, semoga kedepannya Sektor Pertanian akan lebih berkembang dan dapat tembus target.

“Untuk target padi sawah, dalam satu tahun gabah kering ditargetkan sekitar 190 ribu ton, dengan luas panen kita sekitar 16 ribu hektar” harapnya. (ADV/ Diskominfo Kukar).

142

Leave a Reply

Your email address will not be published.