Dukung Ketahanan Pangan PLTU Teluk Balikpapan Bersinergi dengan Kodim 0905, Beri Bantuan Bibit, Ember dan Pakan Ikan Lele

Balikpapan, Metrokaltim.com – Pandemi covid-19 yang saat ini masih terus berlangsung membuat berbagai pihak mulai melakukan berbagaicara untuk memenuhi ketahanan pangan. Salah satunya budidaya ikan lele si dalam ember yang kini marak digaungkan di setiap daerah, salah satunya di Balikpapan.

Dukungan untuk ketahanan pangan masyarakat di Balikpapan ini pun terus mengalir, salah satunya dari PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) UBJOM Kaltim Teluk dan PT PLN UPDK Balikpapan (PLTU Teluk Balikpapan). Sejumlah dukungan berupa bantuan bibit ikan lele, ember hingga pakan ikan mulai disalurkan sejak beberapa waktu lalu.

Penyeraham bibit ikan lele ke Koramil 0905-02 Balikpapan Barat.

Bersinergi dengan Kodim 0905/Balikpapan PLTU Teluk Balikpapan telah meyalurkan sebanyak 2 ribu bibit ikan lele, 120 kg pakan ikan dan sejumlah bantuan lainnya. “Tujuan kami untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat di Balikpapan, khususnya masyarakat yang terkena dampak terutama dalam hal ekonomi,” ungkap General Manager PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Kurniawan Dwi Hananto.

Dia menyebut, bibit ikan lele ini sendiri merupakan bibit yang dihasilkan oleh binaan CSR PT PJB UBJOM Kaltim Teluk. Bantuan ini merupakan stimulus awal kepada masyarakat untuk dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. 

Pemberiam pakan terhadap bibit lele yang dibudidayakan di ember.

“Adapun tujuan ketahanan pangan ini sendiri yaitu menjamin ketersediaan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan gizi seimbang, baik pada tingkat nasional, daerah hingga rumah tangga secara mandiri. Kami berharap masyarakat tetap produktif selama masa pandemi ini dan mendukung pemerintah dalam mengimplementasikan era New Normal,” bebernya.

Dalam pemberian edukasi ketahanan pangan beberapa waktu lalu itu diikuti oleh perwakilan dari tiga wilayah Koramil di seluruh area Balikpapan. Kegiatan itu juga dihadiri oleh General Manager UBJOM Kaltim Teluk, Kurniawan Dwi Hananto, Manajer bagian Keuangan, Sdm dan Administrasi PT PLN UPDK Balikpapan, Dana Puspita Sari, Manajer Administrasi UBJOM Kaltim Teluk, Raden Sultani  Indragunawan, Supervisor Sekretariat dan Umum UBJOM Kaltim Teluk, Septiadi Wantoro, Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Arm I Wayan Gusti Agung Putu Sujarwana, Danramil 0905-01 Balikpapan Utara, Kapten Inf Sujud, Danramil 0905-02 Balikpapan Barat, Mayor Inf Masrukhan, Danramil 0905-03 Balikpapan Selatan, Mayor Inf Riduwan, Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Balikpapan, Heria Prisni, Camat Balikpapan Barat Muhammad Arif Fadhilah, Lurah Sungainangka Sanrang, Ketua Kelompok Binaan CSR Lele UBJOM Kaltim Teluk Natalius.

Tak hanya itu, pada Kamis (4/6) siang, CSR PT PJB UBJOM Kaltim Teluk dengan PLN Peduli UPDK Balikpapan kembali memberikan bantuan berupa  50 Set ember budidaya ikan lele oleh kepada Kodim 0905/Balikpapan yang kemudian akan di bagikan kepada masyarakat Balikpapan dengan edukasi budidaya ikan lele.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.