Modus Beri Tumpangan Gratis, Dua Pemuda Rampas Hp Milik ABG di Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Balikpapan Selatan suskes membekuk dua pencuri Handphone (Hp), bernama Abdul Arif (21) dan Muhammad Ricky Yulianto (25). Dalam melancarkan aksi jahatnya, Arif dan Ricky pura-pura memberi bantuan tumpangan gratis kendaraan kepada korbannya.

Informasi yang dihimpun Metro Kaltim, korban kejahatan Arif dan Ricky adalah seorang anak baru gede (ABG), bernama Sisi Suryani (17). Sisi diketahui tinggal di Perumahan Bukit Damai Sentosa I, Kelurahan Damai Bahagia, Balikpapan Selatan, itu dicuri maling.

Aksi pencurian ini terjadi pada Kamis (4/6) sekira pukul 03.00 Wita. Saat itu, Sisi berjalan kaki dari Hotel Whiz Prime menuju Hotel Zurich di Jalan Jenderal Sudirman. Tiba-tiba, di pertengahan jalan, Sisi disamperin dua orang pria menggunakan sepeda motor. Belakangan diketahui, kedua pria itu bernama Arif dan Ricky lalu menawarkan bantuan kepada Sisi. Mereka bersedia mengantarkan Sisi ke tempat tujuannya. Sisi yang merasa kecapean berjalan kaki lantas menerima tawaran tersebut. Mereka bertiga lalu jalan menggunakan sepeda motor.

Kedua tersangka Abdul Arif (21) dan Muhammad Ricky Yulianto (25) yang berhasil diamankan oleh tim Opsnal Polsek Balikpapan Selatan.

Namun bukan ke Hotel Zurich sebagaimana tujuan Sisi sebelumnya. Kendaraan yang dikemudikan Arif itu mengarah ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. Hal ini membuat Sisi gusar. Perempuan kelahiran Balikpapan, 25 Maret 2003, itu lantas minta diturunkan di depan makam pahlawan. Namun, Arif dan Ricky tak menghiraukan. Mereka tetap tancap gas.

Meski tak dihiraukan, Sisi terus memberontak. Dia terus memaksa untuk segera diturunkan. Upaya Sisi ini akhirnya membuahkan hasil. Arif dan Ricky akhirnya menurunkan Sisi di depan Bandara SAMS. Di saat bersamaan, beberapa pria datang ke lokasi tersebut. Mereka adalah teman-temannya Sisi.

Kedatangan teman-temannya Sisi ini membuat Arif dan Ricky panik. Mereka kemudian buru-buru merampas handphone merek Advan Glassy Gold di tangan Sisi, setelah itu kabur. Namun teman-temannya Sisi tidak tinggal diam. Para lelaki berusia muda ini bergegas mengejar Arif dan Ricky.

Barang bukti kejahatan pelaku yang diamankan pihak kepolisian.

Beberapa saat kemudian, Ricky ditangkap oleh driver ojek online. Sedangka Arif berhasil kabur. Driver itu kemudian menyerahkan Arif kepada teman-temannya Sisi. Oleh mereka, Ricky dibawa ke Polsek Balikpapan Selatan untuk diproses lebih lanjut. Di kantor polisi itu juga Sisi membuat laporan pencurian.

“Hanya beberapa jam setelah menerima laporan kami berhasil menangkap pelaku kedua atas nama Abdul Arif di dekat tanjakan lampu merah samping Dome (Balikpapan Sport and Convention Center),” kata Kapolsek Balikpapan Selatan, Kompol Harun Purwoko, Kamis (6/5).

Bukan hanya menangkap penjahat, polisi juga mengamankan satu unit hanphone milik Sisi dan sepeda motor jenis Suzuki Spin, bernopol KT 2574 KP, yang digunakan Arif dan Ricky mencuri. Selain itu polisi juga mengamankan sebilah senjata tajam jenis badik dari tangan Arif.

“Kedua pelaku kini sudah kami amankan di Mapolsek Balikpapan Selatan guna diperiksa lebih lanjut,” pungkas Kapolsek.

(tya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.