Dukung Upaya Digitalisasi Keuangan, BI dan Pemkot Luncurkan Program SIAP QRIS

Samarinda.Metrokaltim.com- Program Sehat, Inovatif dan Aman Pakai (SIAP) QRIS resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Peluncuran program tersebut dilaksanakan di Big Mall Samarinda, Senin (9/5/2022).

Wali Kota Samarinda, Andi Harun yang hadir  saat peluncuran mengatakan bahwa saat ini laju pertumbuhan ekonomi sedikit tertahan karena disebabkan oleh permintaan global terhadap batu bara yang terkontraksi di tengah harga yang masih tinggi. 

“Pusat Perbelanjaan memiliki potensi yang cukup tinggi dalam percepatan pertumbuhan ekonomi dan keuangan digital daerah. Sesuai tuntutan zaman perubahan selalu terjadi ditengah transformasi digital dan ekonomi,” ucap Andi Harun dalam sambutanya. 

Dirinya mengatakan jika kini masyarakat Samarinda harus menyesuaikan diri. Salah satunya seperti pelaksanaan program SIAP QRIS. Pasalnya saat ini Pemkot Samarinda telah menerapkan pembayar non tunai disetiap transaksi di pasar-pasar dan sedang berjalan. Seperti di Pasar Merdeka yang telah menggunakan sistem pembayaran non tunai. 

“Saya optimis, jika program ini berjalan sesuai dengan yang direncanakan, maka percepatan implementasi Standar Nasional Indonesia bagi pasar tradisional, pasti mampu mendukung inklusi ekonomi dan keuangan di Kota Samarinda,” ucapnya.

Kini Samarinda siap mendukung agenda tersebut dan merupakan salah satu program penting dalam mensingkronisasi sistem keuangan digital. 

“Saya berharap peluncuran QRIS tidak berhenti sampai disini, melainkan akan terus dilanjutkan secara luas. Kita harus bersama-sama turut ikut mengkampanyekan dan membiasakan diri menggunakan program penggunaan transaksi non tunai ini, tidak hanya dalam aktifitas perbelanjaan namun juga akan merambah pada sistem lain seperti pembayaran parkir, pembayaran tagihan dan lain-lainnya,” pungkasnya. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *