Edukasi Masalah Hukum hingga UU ITE, Hendrawan Ajak Pelajar Peka terhadap Kasus Terkini

Tana Paser, Metrokaltim.com – Komisi I DPRD Paser menerima perwakilan siswa SMA Negeri 1 Kuaro. Kedatangan pelajar ini diterima Ketua Komisi I H Hendrawan Putra dan anggota M Ramli S Bakti, di ruang Komisi I, Senin (15/3).

Kedatangan 6 siswa dan didampingi tiga tenaga pengajar, terkait keikutsertaan dalam perlombaan karya duta pelajar sadar hukum jenjang SMA se-derajat, baik negeri maupun swasta, sekira medio 2021 ini. Alasan dipilihnya bertukar pikiran ke Komisi I, karena membidangi hukum.

“Mereka (siswa) bertukar pikiran mencari referensi karya tulis ilmiah. Misal, terkait korupsi, Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik), dan perlakukan bullying (perundungan, Red) dikalangan pelajar,” kata Hendrawan Putra.

Tak hanya sekadar memberikan penjelasan secara terperinci, Hendrawan Putra juga memberikan saran kepada pelajar untuk peka dengan kasus-kasus terkini. Diantaranya, korupsi yang melibatkan pejabat daerah, kasus korupsi pembangunan bandara di Paser yang sempat terjadi beberapa tahun lalu, serta kasus-kasus pelanggaran UU ITE.

“Mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk membuat karya tulis untuk dilombakan nantinya,” sebut Politisi Demokrat ini.

Dirinya pun memberikan penjelasan mengenai susunan struktural di DPRD Kabupaten Paser, jumlah anggota legislatif maupun fraksi. Hendrawan pun melontarkan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui fungsi wakil rakyat. Yakni legislasi, anggaran dan pengawasan. Ia pun berpesan, tak sungkan ke gedung parlemen untuk
menyampaikam aspirasi maupun bertukar pikiran.

“Jangan sungkan untuk berdiskusi, mencari referensi. Karena ini (Gedung Parlemen) merupakan rumah rakyat,” tandasnya.

Diketahui, tiga tim dari SMA Negeri 1 Kecamatan Kuaro akan mengikuti perlombaan karya duta pelajar sadar hukum tingkat Kabupaten Paser. Mencari referensi harus terus dilakukan, terlebih pada 2020 lalu, berhasil juara I pada gelaran serupa.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *