Emberkasi Haji Direncanakan Kembali Digunakan untuk Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Balikpapan, Metrokaltim.com – Tim Satgas Covid-19 kota Balikpapan melakukan peninjauan rencana tempat isolasi pasien covid-19 di Emberkasi Haji Batakan, Minggu (27/6).

Dalam peninjauan, Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengatakan, peninjauan ini untuk persiapan menggunakan asrama haji Batakan sebagai tempat isolasi pasien covid-19. Seperti yang disampaikan kepala dinas kesehatan bahwa angka terkonfirmasi positif di Balikpapan semakin meninggi.

Lanjutnya, tentu tempat isolasi yang sudah disiapkan pemerintah kota di Hotel Grand Tiga Mustika sudah penuh. Sehingga perlu mengambil langkah alternatif untuk tempat isolasi sebagai antisipasi.

“Hal ini untuk mencegah penularan covid-19 yang ada di masyarakat,” ucap I Gusti Agung.

Dirinya menjelaskan, berdasarkan surat yang di ajukan ke Kementerian agama dan sudah mendapatkan respon serta diizinkan menggunakan asrama haji. Maka itu dilakukan peninjauan, dan rencananya Selasa (29/6) sudah bisa di operasionalkan.

Ia juga mengimbau masyarakat, sesuai data yang disampaikan bahwa saat ini trennya ibu rumah tangga, kemudian anak-anak muda di bawah usia 18 tahun cukup tinggi, sehingga disini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama.

“Kalau sekarang ada istilah PPKM Mikro tingkat RT, tentu akan dikecilkan lagi ke tingkat rumah tangga. Caranya bagaimana kita mengaktifkan ibu-ibu peduli Prokes,” imbuh Dandim 0905/Balikpapan.

Lebih jauh, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty menambahkan, untuk keterisian tempat isolasi di Hotel Grand Mustika sudah penuh, meski memang setiap hari ada yang keluar. Karena disana hanya terjadwal 10 hari berbeda dengan rumah sakit.

“Namun itu juga sudah cukup lagi, karena informasi dari koordinator ada 39 orang yang mengantri, dan mudah-mudahan bisa masuk ke emberkasi haji,” jelas dr Dio panggilan akrabnya.

Kapasitas di hotel tersebut ada 112, kalau di wisma 20 menjadi total 132 yang difasilitasi. Untuk di emberkasi 300-an.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *