Metro Kaltim

Encek UR Firgasih : TP PKK Harus Bersinergi Dengan Program Pemerintah

Sangatta, Metrokaltim.com – Melalui puncak Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) Ke-47 dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-16 tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun 2019.

Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang ST MM menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran panitia dan organisasi perangkat daerah, terkait atas pelaksanaan peringatan HKG-PKK ke-47 dan pencanangan BBGRM ke-16 Tingkat Kabupaten Kutim Tahun 2019 yang digelar di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi Sangatta, Kamis (3/10).

“Dalam membangun, kita memang memerlukan banyak dukungan dan sinergitas semua pihak untuk terwijudnya program Pemerintah Kabupaten Kutim yakni Program Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu (Gerbang Desa Madu). Meningkatkan persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong dan rasa kesetiakawanan harus lebih diutamakan agar cita-cita pembangunan mencapai masyarakat yang adil, makmur, maju dan sejahtera, khususnya di Kabupaten Kutai Timur dapat terwujud,” harap Kasmidi sapaan-akrab Wakil Bupati Kutim.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Hj Encek UR Firgasih SH MAP, mengatakn bahwa Melalui tema sentral Peringatan Hari Kaesatuan Gerak PKK Ke-47 Tahun2019 kali ini, ‘Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK menuju Kutai Timur yang Sejahtera dan Bersinergi dengan Program Pemerintah’.

Tema tersebut mengandung makna sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Kutai Timur yaitu Gerakan Pembangunan Desa Mandiri Terpadu (Gerbang Desamadu), yang intinya program pemerintah perlu kita dorong melalui peran nyata gerakan PKK sebagai gerakan dalam pembangunan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga masyarakat yang sejahtera.

Pelaksanaan peringatan HKG-PKK ke-47 dan pencanangan BBGRM ke-16 Tingkat Kabupaten Kutim Tahun 2019.

“Untuk itulah, melalui Tema HKG-PKK Ke-47 kali ini, saya ingin mendorong kita semua jajaran Tim Penggerak PKK, agar senantiasa mampu berupaya melalui kerja nyata dalam kekompakkan TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa, agar menggenjot 10 program utama PKK melalui kreasi dan inovasi untuk mengejar prestasi dari kader-kader PKK melahirkan karya-karya terbaru,” harapnya.

“Perlu kita ketahui, bahwa dalam rangkaian peringatan HKG PKK ini dilaksanakan banyak agenda pelatihan, sosialisasi, dan lomba-lomba. Lomba-lomba ini bertujuan untuk menjaring juara yang akan mewakili Kutai Timur menuju HKG di tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Tahun 2020. Tentunya kita ingin mendapatkan kader-kader terbaik dari kecamatan di Kutai Timur yang nanti akan diumumkan hasilnya oleh panitia,” ucapnya.

Taklupa Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Hj Encek UR Firgasih SH MAP mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada Kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma, karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK, termasuk dalam hal menciptakan kerukunan dalam keluarga dan lingkungannya demi terwujudnya Kutai Timur yang sejahtera.

Ketua TP PKK Kabupaten Kutim, Hj Encek UR Firgasih SH MAP.

“Yang lebih penting lagi adalah agar program dan kegiatan Tim Penggerak PKK itu masuk dalam sistem dan mekanisme kebijakan Program Pemerintah. Karena inilah sesungguhnya yang disebut Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah,” tambahnya.

Diharapkannya lagi untuk segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para Kader PKK, dan Kader Dasawisma, untuk tingkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK, yang semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif, dan ketekunan. Karya itu tidak akan terwujud tanpa kerja. Tetapi berkaryalah dengan cerdas, tangan yang terampil, dan hati yang luhur.

(rina/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *