Fenomena La Nina Diprediski Terjadi Hingga Akhir 2021, Komisi III DPRD Samarinda Dorong Pengerjaan Proyek Drainase Dipercepat

Samarinda, Metrokaltim.com –  Fenomina La Nina akan terjadi pada akhir 2021,dengan curah hujan yang meningkat.

Menanggapi hak tersebut, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda Muhammad Novan Syahronny Pasie mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda segera membangun drainase untuk persiapan menghadapi fenomena La Nina.

“Pada dasarnya DPRD dan Pemkot Samarinda sudah mempersiapkan penanggulangan banjir yang disebabkan tingginya curah hujan pada Desember hingga Februari mendatang karena badai La Nina,” ujar Novan sapaanya, Sabtu (20/11/2021).

Ia menjelaskan pembangunan sejumlah drainase baru tersebut sedang dalam progres pelaksanaan, seperti  di Jalan S.Parman depan Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda. Selain itu juga dilakukan pembersihan saluran drainase sampai tingkat kelurahan melalui kerja bakti.

“Pembersihan drainase atau parit merupakan  instruksi Wali Kota (Andi Harun) kepada lurah-lurah,  minimal satu bulan dua kali melakukan normalisasi drainase yang ada di lingkungannya,” kata Novan.

Menurutnya saat ini sudah memasuki musim penghujan, maka pembangunan drainase disejumlah titik harus segera dituntaskan.

“Insha Allah Desember ini sudah tuntas semua. Paling tidak apabila ada curah hujan yang cukup tinggi mudah-mudahan tidak mengalami banjir yang begitu besar,” harapnya.

Ia mengakui fenomena La Nina memang cukup mengkhawatirkan seperti yang terjadi di provinsi lain, khususnya Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Barat (Kalbar).

Mudah-mudahan dengan dibangunnya sejumlah drainase dan pembersihan drainase akan mengurangi dampak banjir di Kota Samarinda,” pungkasnya

4

Leave a Reply

Your email address will not be published.