Formak Geruduk Kantor DPRD Balikpapan, Pertanyakan Kinerja Anggota Dewan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Forum Masyarakat Anti Korupsi melakukan demontrasi di depan kantor DPRD Kota Balikpapan, Senin (13/12/2021) pagi.

Dalam orasi yang di sampaikan Ketua Formak Balikpapan Jerico Noldy menjelaskan, Kedatangan Formak untuk menanyakan kinerja anggota DPRD Balikpapan yang selama ini, masih banyak proyek mangkrak dan tidak terlsesaikan.

Ketua Formak Indonesia Jerico Noldy menjelaskan, kehadiran Formak di Kantor DPRD untuk mengembalikan agar DPRD kembali pada Marwah, harkat dan martabatnya.

” Mereka harus bekerja sesuai dengan janji-janjinya saat berkampanye itu yang pertama,” jelas Jerico saat orasi.

Selain itu banyak pelanggaran etika oleh Anggota DPRD Balikpapan, setidaknya dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Karenanya, ia ingin menanyakan terkait perkembangan penyusunan tata tertib atau tatib bagi anggota dewan.

Lanjut Jerico Anggota Komisi III Balikpapan kerap melakukan sidak, baik proyek infrastruktur bahkan sidak PDAM, namun tidak ada kejelasan dan transparansi dari upaya yang di lakukan.

” Itu yang membuat kami hadir kesini, untuk mengontrol mereka,” tegasnya.

Seharusnya, lanjut Jerico kami melakuka aksi pada Kamis lalu, namun saat di datangin sekitar 30 anggota DPRD tidak berada di tempat sedang melakukan kunjungan keluar kota.

“Seharusnya kan gantian, yang berangkat 10 dulu, minggu depan 10 lagi. Bukan berangkatnya bareng,” ungkap Jerico kesal.

Menurutnya, hal demikian semata menghamburkan APBD. Terlebih dari kunjungan keluar kota tersebut, baginya, tidak menghasilkan apapun untuk kepentingan Kota Balikpapan.

Sementara itu, ditemui pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Subari menyampaikan terimakasih atas kontrol yang di sampaikan oleh Formak.

“Intinya kami terimakasih sudah diperingatkan teman-teman Formak untuk mengukur kinerja kami selama 2 tahun terakhir ini. Tentu menjadi evaluasi kita. Tentu setiap masukan menjadi PR untuk kita berbenah diri,” tanggap Subari.

Sebab menurut Subari, kinerja daripada DPRD Balikpapan di lapangan sudah bisa terlihat atau dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

“Kalau mereka menilai silahkan saja, pada intinya kami siap dievaluasi begitu, pungkas Subari.

(ries)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *