Metro Kaltim

Franco Morbidelli Bawa Yamaha Juara di MotoGP Teruel 2020

Alcaniz, Metrokaltim.com – Franco Morbidelli tampil gemilang di MotoGP Teruel 2020. Ia meraih kemenangan dan berhasil unggul atas duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir.

Di Sirkuit MotorLand Aragon, Minggu (25/10), rider Petronas Yamaha SRT itu menyelesaikan 23 lap dengan catatan waktu 41 menit 47,652 detik. Rins menyusul dengan selisih 2,205 detik di susul Mir yang berjarak 5,376 detik dari sang juara.
Hasil ini membuat Morbidelli menyodok ke urutan empat klasemen sementara dengan 112 poin. Ia masih tertinggal 25 angka dari Mir, yang kian kokoh di posisi puncak klasemen. Fabio Quartararo berada di urutan kedua dengan 123 poin, disusul Maverick Vinales dengan 118 poin.

Jalannya balapan MotoGP Teruel, Takaaki Nakagami memimpin balapan, namun langsung crash di awal balapan. Franco Morbidelli mengambil posisi terdepan, disusul Alex Rins, Johann Zarco, dan Maverick Vinales.

Sementara itu, Jack Miller dan Brad Binder juga crash di lap pertama. Joan Mir, sang pemimpin klasemen MotoGP 2020, berhasil melesat dari posisi ke-12 menuju ke posisi kelima, menyalip Fabio Quartararo yang stagnan di posisi keenam.
Di sisa 20 lap, situasi lima besar belum berubah. Namun Alex Marquez menyodok ke urutan keenam, menggeser Quartararo ke posisi tujuh. Di lap kelima, Andrea Dovizioso juga perlahan maju dan berada di urutan ke-12 setelah start di urutan ke-17.

Mir menyalip Vinales di lap keenam, disusul oleh Marquez! Vinales pun melorot ke urutan keenam. Mir ada di urutan keempat, dan Marquez kelima. Morbidelli masih di depan, dibuntuti oleh Rins. Zarco sedikit lebih jauh di belakang, namun masih di urutan ketiga.

Balapan menyisakan 13 lap, dan mulai ada gap antar pebalap di barisan depan. Rins yang ada di urutan kedua berjarak sekitar 2,1 detik dari Zarco yang ada di urutan ketiga, dan Marquez diurutan kelima berjarak 2,5 detik dari Vinales di posisi keenam.

Mir menyalip ke tiga besar di lap ke-12! Alex Marquez juga menyusul ke urutan keempat, Zarco pun melorot ke urutan kelima. Morbidelli kini mulai menjauh, unggul 0,6 detik dari Rins. Quartararo melorot ke urutan kesembilan, dan Dovizioso maju ke urutan ke-11.

Ouch! Quartararo disalip Miguel Oliveira di sisa 8 lap, rider Prancis itu kembali melorot di urutan kedelapan. Posisi tiga besar masih Morbidelli, Rins, dan Mir. Di sisa 7 lap, Dovizioso malah melorot ke urutan ke-12. Tampak bukan hari baik bagi rider Ducati itu.

Lima lap lagi, dan Morbidelli terus menjauh dari Rins. Selisih mereka sudah menjadi 1 detik. Sementara itu, Vinales disalip oleh Oliveira, yang naik ke posisi keenam.

Di sisa tiga lap, Morbidelli unggul 1,2 detik dari Rins, yang unggul 2,6 detik dari Mir. Semakin renggang jarak di tiga besar. Pol Espargaro menyusul di urutan keempat, diikuti Zarco dan Oliveira.

Balapan menyisakan dua lap lagi, dan jumlah pebalap semakin berkurang. Kali ini Aleix Espargaro yang harus menyudahi balapan lebih dulu. Tampak ada masalah di motornya.
Di lap terakhir, Morbidelli stabil di depan. Ia tampak akan meraih kemenangan keduanya di MotoGP 2020, setelah MotoGP San Marino.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *