Geger! Pria Hampir Setengah Abad Tewas Tergantung di Pohon Kawasan Hutan Manggar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Warga Kampung Toraja di Jalan Pemuda, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, gempar pada Selasa (17/11) siang. Pasalnya, saat itu warga menemukan seorang pria tewas tergantung di pohon akasia di dalam hutan.

Informasi yang dihimpun Metro Kaltim, mayat pria itu berinisial AT. Usianya 49 tahun atau hampir menginjak setengah abad. Dia tinggal di RT 10, Jalan Pemuda, Manggar. Kesahariannya, pria kelahiran Rantepao, 25 Juni 1971 itu bekerja sebagai swasta.

Kepada polisi, istri AT, Denny Melolo membeberkan kronologis kejadian tersebut. Beberapa jam sebelum ditemukan tewas, pada pukul 07.00 WITA, AT meninggalkan rumahnya. Saat itu AT hanya menggunakan celana pendek dan kaos hitam, tanpa membawa kendaraan dan handphone.

Hingga hari berjanjak siang, AT tak pernah pulang. Hal ini membuat Denny cemas. Dia lalu berusaha mencarinya suaminya itu dan melaporkan kehilangan kepada Ketua RT 10. Ketua RT lalu meneruskan laporan ini ke grup percakapan WhatssApp yang beranggotakan warga RT 10, dengan harapan warga lainnya bisa ikut mencari AT.

Betul saja, laporan itu segera ditangkap Naptali (50) dan Lukas Lampung (58), dua warga RT 10. Begitu mendapat laporan, Naptali dan Lukas bergegas mencari AT. Dia meyusuri lingkungan tempatnya tinggal sampai ke hutan.

Baru pada pukul 13.45, pencarian menemukan titik terang. Naptali dan Lukas menemukan bekas telapak kaki. Jejak-jejak itu terlihat masih baru dan mengarah ke dalam hutan. Setelah diikuti saampai ujung jejak itu, Naptali dan Lukas kaget bukan kepalang. Mereka menemukan AT tergantung di pohon akasia tanpa nyawa. Lehernya terikat tali tambang yang terhubung dengan batang pohon.

Naptali dan Lukas kemudian melaporkan temuannya itu ke ketua RT-nya. Oleh ketua RT, laporan tersebut segera diteruskan ke Bhabinkamtibmas Manggar Kepolisian Sektor (Polsek) Balikpapan Timur. Kepala Polsek Balikpapan Timur, Kompol FX Suhartanta, membebenarkan seluruh kejadian ini.

“Ya, pada sekitar pukul 13.45 itu, bertempat di Kampung Toraja, warga menemukan seseorang meninggal dunia gantung diri di sebuah pohon dengan menggunakan tali,” kata Suhartanta.

Namun kepolisian belum mengetahui apa motiv AT gantung diri. Apakah dia memang sengaja bunuh diri atau ada hal lainnya, juga masih tanda tanya. Karena semua itu masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

“Ini masih lidik, apabila ada perkembangan nanti akan kami 87,” tandas Suhartanta. (sur/ryan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *