Giliran Pedagang Pasar Manggar Diberikan Sosialisasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan dan Instruksi Gubernur

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kodim 0905/Balikpapan terus gencar lakukan operasi pendisiplinan protokol kesehatan, kali ini dilakukan di wilayah Koramil 0905-03/Balikpapan Selatan-Timur untuk menekan angka kasus positif covid-19.

Bersama seluruh unsur TNI-Polri, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat ia mensosialisasikan dan mengimbau pendisiplinan protokol kesehatan di Pasar Manggar Balikpapan Timur, Jumat (5/2).

“Kegiatan ini untuk melanjutkan operasi pendisiplinan secara masif dan hari ini memberikan masker dan sosialisasi instruksi Gubernur terkait sterilisasi wilayah,” ujar Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa.

I Gusti Putu Agung menjelaskan, ia memberikan arahan kepada para pedagang untuk mengikuti instruksi dari Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) terkait sterilisasi kegiatan di pasar di hari sabtu dan minggu.

“Kami juga memberi informasi agar pedagang mengikuti instruksi itu, di rumah dulu biar kami petugas yang akan melakukan sterilisasi pasar bisa dengan penyemprotan disifektan atau pembersihan,” akunya.

Dandim Balikpapan saat membagikan masker di wilayah Pasar Manggar, Balikpapan Timur.

Semua ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat untuk istirahat sebentar dari aktivitasnya, guna mendukung pencegahan penyebaran covid-19 di Balikpapan.

Tempat terpisah Danramil 0905-03/Balikpapan Selatan-Timur Mayor Inf Riduwan menambahkan, ia bersama Muspika Balikpapan Timur dan ormas Baltim membagikan 1000 masker dan mensosialisasikan intruksi gubernur terkait pelaksanaan sterilisasi.

“Jadi kami ingatkan masyarakat, bahwa Sabtu dan Minggu dilakukan sterilisasi,” papar Riduwan.

Disamping pembagian 1000 masker, ia juga mengimbau pedagang yang ada di pasar manggar. Bahkanasyarakat sangat mendukung agar angka terkonfirmasi positif menurun. Mengingat diwilayah ini angka kematian covid-19 juga meningkat.

Terkait penyemprotan disifektan, Ia menyebut sesuai instruksi Pangdam VI/Mulawarman akan dilakukan hari sabtu dan minggu dengan sasaran tiap kecamatan, dengan kriteria wilayah terbanyak terkonfirmasi positif dan wilayah terbanyak meninggal covid.

“Untuk sasaran penyemprotan disifektan Koramil 03 yakni Balikpapan Kota di Kelurahan Telagasari dan Kelurahan Klandasan Ulu. Di Balikpapan Timur di Manggar dan PJHI, Batakan sedangkan di Balikpapan Selatan di Kelurahan Sepinggan Baru.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *