Harumkan Nama Indonesia di Tingkat Internasional, Dandim Berikan Penghargaan Guru dan Pelajar Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kodim 0905/Balikpapan melalui Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Putu Agung Sujarnawa memberikan piagam penghargaan kepada Guru SMAN 1 Balikpapan Dayang Suriani dan Siswi SMPN 1 Balikpapan Go Nadine Audelia di kantor Kodim, Jumat (5/2) pagi.

Penghargaan ini diberikan atas prestasi yang telah diraih untuk membanggakan nama Indonesia salah satunya Kalimantan Timur. Untuk Dayang Suriani telah meraih prestasi internasional dalam Juara Film For Peace Learned In Lockdown yang diselenggarakan oleh produser Peter Ferris yang berada di Ireland UK.

“Tentu prestasi internasional yang diraih ini merupakan hal yang sangat luar biasa dan bisa menjadi contoh kita semua,” ucap Dandim 0905/Balikpapan I Gusti Putu Agung di depan awak media.

Sementara untuk Nadine Audelia telah meraih perunggu kejuaraan dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kompetisi Siswa Nasional (KSN) jenjang SMP tingkat Nasional.

Menurutnya, ini merupakan hal yang harus diapresiasi sebagai warga Balikpapan, merasakan turut bangga dan bahagia atas prestasi yang diraihnya.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi inspirasi bagi yang lainnya untuk terus berprestasi,” ujar Dandim 0905/Balikpapan.

Dua guru di Balikpapan saat menerima penghargaan dari Dandim 0905 Balikpapan.

Bahkan Putu Agung sudah menyampaikan, bawah arti bela negara bukan harus jadi tentara dan mengangkat senjata, tetapi bela negara itu bagaimana bisa mencintai bangsa negara dan mencintai tanah air. Kemudian bagaimana bisa berkarya sesuai dengan bidang.

“Tentu Bu Dayang dengan prestasi internasional itu sudah menunjukkan karya terbaiknya dan tentu membawa nama bangsa kami, sehingga kami turut bangga, maka itu bentuk rasa cinta dan nasionalisme kepada bangsa ini,” akunya.

Begitu juga dengan Nadien prestasi yang diraih, berkarya sebagai siswa yang bisa dilakukan dengan belajar yang baik, sehingga bisa berprestasi itu sudah bentuk bela negara.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat Balikpapan, apalagi di tengah pandemi seperti ini bisa bersama-sama tingkatkan prestasi suatu bela negara.

Salah satu penerima penghargaan Dayang Suriani menambahkan, penghargaan ini atas doa yang sudah dipanjatkan, artinya pendidikan itu ada karena orang lain dan pendidikan itu eksis karena banyak orang yang mendukung.

“Saya sangat berterima kasih pada pak Dandim yang sangat luar biasa, telah memberikan kami kepercayaan, penghargaan dan kesempatan untuk bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat,” ucap syukur Guru SMAN 1 Balikpapan.

Ia mengartikan, bahwa ini ada sebuah gayung bersambut, apalagi Dandim 0905/Balikpapan selalu memperhatikan bagaimana seorang guru atau siswa berkarya sesuai dengan bidangnya.

“Dan ini menjadi motivasi besar buat kami, agar kami senantiasa berkarya terus tanpa ada kata menyerah. Hal ini membuktikan bahwa ketika orang lain memberikan kita apresiasi, maka kita harus tunjukkan dengan kreasi,” ungkapnya.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *