Guna Tarik Wisatawan, Desa Muara Enggelam Canangkan Pembangunan “Home Stay”

KUKAR, Metrokaltim.com – Saat ini pihak Desa Muara Enggelam tengah merencanakan, pembangunan home stay bagi wisatawan. Kepala Desa Muara Enggelam Madi, menyatakan hal ini sekaligus menjadi daya tarik pariwisata di wilayahnya.

Kepala Desa Muara Enggelam Madi, mengungkapkan hal tersebut merupakan salah satu upaya, yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Desa, untuk memajukan pengembangan sektor pariwisata dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Menyadari potensi besar yang dimiliki oleh desa ini, langkah-langkah progresif tengah diambil untuk menggerakkan industri pariwisata di kawasan tersebut.

Kepala Desa Muara Enggelam Madi menjelaskan, inisitif pencanangan hal tersebut merupakan hasil dorongan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk meningkatkan sektor pariwisata dimasing-masing daerah.

“Saat ini, Pemerintah Kabupaten sedang mendorong kami untuk memajukan sektor pariwisata dan Bumdes. Kami memajukan sektor pariwisata dengan bekerja sama erat dengan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata),” ungkapnya pada Rabu (8/11/2023).

Salah satu inisiatif utama dalam upaya meningkatkan daya tarik pariwisata di desa ini adalah, rencana pembangunan tempat persinggahan yang akan memanjakan para wisatawan.

“Kami berencana membangun tempat persinggahan atau homestay, sebagai tempat menginap para wisatawan. Kami merasa ini akan sangat menarik, karena lokasinya sangat jauh dari kebisingan kendaraan,” jelasnya.

Keputusan untuk mengembangkan tempat persinggahan ini muncul sebagai respons terhadap minat yang meningkat, dari para wisatawan yang mencari pengalaman wisata alam di pedalaman.

Menurut Madi, Desa Muara Enggelam memiliki potensi alam yang luar biasa, dengan pemandangan alam yang memukau.

“Insiatif kami muncul dikarenakan, saat ini para wisatawan sangat tertarik dengan wisata alam yang berada di pedalaman,” imbuhnya.

Pemerintah Desa dengan tegas mendukung upaya pengembangan ini, dan harapannya adalah bahwa upaya ini akan membawa manfaat ekonomi yang signifikan, bagi masyarakat setempat sembari mempromosikan keindahan alam kawasan tersebut.

Madi menyatakan, bahwa dengan berfokus pada pengembangan pariwisata, Desa Muara Enggelam akan menjadi destinasi wisata yang diminati oleh banyak orang, membawa dampak positif bagi perkembangan ekonomi dan keberlanjutan wilayah tersebut.

(ADV/ Diskominfo Kukar)

45

Leave a Reply

Your email address will not be published.