Metro Kaltim

Hari Disabilitas KPU Balikpapan Terima Penghargaan Kategori Lembaga Independen

Balikpapan, Metrokaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menerima penghargaan sebagai lembaga independen yang di gelar dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2019 yang di gelar di ruang Ruhut Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda pada Kamis(12/12).

Pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) selain KPU Balikpapan, KPU Samarinda serta KPU Mahakam Ulu yang mendapatkan penghargaan kategori lembaga independen. Dimana untuk penghargaan kategori lembaga independen ini hanya tiga Kabupaten dan Kota saja yang ada di Kalimantan Timur.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, penghargaan yang di terima oleh KPU Kota Balikpapan dalam kategori lembaga independen merupakan hasil kerja yang di lakukan oleh seluruh komisioner KPU serta sekretariat KPU Balikpapan dan juga relawan demokrasi yang bekerja keras untuk suksesnya pemilu.

“Tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019, KPU Kota Balikpapan menempatkan kaum disabilitas sebagai relawan demokrasi. Keberadaan kaum disabilitas yang ada di Balikpapan itu menjadi perhatian serius bagi KPU Kota Balikpapan. Sehingga KPU Kota Balikpapan merangkul mereka untuk sama-sama menyukseskan jalannya Pemilihan Gubernur Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019.

KPU Kota Balikpapan pada Pilgub Kaltim 2018 dan Pemilu 2019, kaum disabilitas selalu diikutsertakan. Mereka tercatat dari 10 relawan demokrasi yang dibentuk oleh KPU Kota Balikpapan. “Relawan demokrasi itu kan ada beberapa basis. Diantaranya basis kaum perempuan, basis kaum pemilih pemula, basis pemuda, basis keluarga, basis komunitas, basis keagamaan, basis netizen, basis kebutuhan khusus, basis komunitas dan basis disabilitas,” ungkap Noor Thoha.

Noor Thoha melanjutkan, relawan demokrasi yang paling intens melakukan sosialisasi merupakan relawan dari basis disabilitas, baik pada Pilgub Kaltim maupun maupun Pemilu 2019. Meski jumlah basis disabilitas tidak banyak namun kepedulian KPU terhadap mereka terbilang tinggi dan mungkin ini juga yang menjadi penilaian dari Pemprov Kaltim sehingga KPU Kota Balikpapan meraih penghargaan kategori lembaga independen, pungkas Thoha.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *