Hari Ini Dua Rumah Tafiz Ditutup, Ada Santrinya Terkonfirmasi Covid-19

Balikpapan, Metrokaltim.com – Kasus terkonfirmasi positif covid-19 di kota Balikpapan hari ini (16/2) ada 132 kasus, dengan rincian ada 47 kasus orang bergejala (suspek), 32 kasus riwayat tracing, 1 kasus perlaku perjalanan dan 52 kasus dengan riwayat orang tanpa gejala (OTG).

Dalam pembahasan pres rilis, Wali kota Balikpapan HM Rizal Effendi mengatakan, bahwa tim Satgas Covid-19 bersama dengan Kemenag telah menutup dua rumah tafiz Al- Qur’an di wilayah Balikpapan Selatan dan Timur. Lantaran ada santrinya yang terkonfirmasi covid-19.

“Dan jumlah yang terkonfirmasi cukup banyak, sampai 22 orang satu rumah tafiz, sehingga kami lakukan penutupan,” ujar Rizal di depan awak media.

Penutupan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungannya, serta dapat menekan angka terkonfirmasi positif di Balikpapan.

Sementara untuk sistem perawatannya, santri yang berdomisili di Balikpapan diharapkan kembali ke orangtuanya, sedangkan untuk santri yang berdomisili luar daerah tetap melakukan isolasi di rumah tafiz dengan pengawasan dari pondok, Puskesmas dan tim posko PPKM Mikro sekitar.

Tidak hanya itu, pemerintah dan Kemenag juga akan berkoordinasi dengan wilayah kecamatan setempat lantaran lokasi tersebut tidak memiliki ijin.

“Maka itu kami minta untuk kegiatan masyarakat yang mengumpulkan orang harusnya memiliki ijin,” jelasnya.

Karena diketahui, jika rumah tafiz maupun pondok pesantren memiliki prosedur di kementerian agama dan pemerintah. Maka itu diimbau kepada masyarakat jika mengumpulkan orang banyak sudah memiliki ijin.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *