Hari Kedua Kaltim Steril, Pemukiman di Kariangau Disemprot Disinfektan, Balikpapan Barat Terpantau Kondusif

Balikpapan, Metrokaltim.com – Selama dua hari Sabtu dan Minggu (6-7/2) tim Satgas Covid-19 Kelurahan Kariangau melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan ke sejumlah tempat. Jika dihari sebelumnya difokuskan di jalan utama. Pada Minggu (7/2) pagi giliran kawasan Perumahan DMR RT 10 dan 13 yang dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kali ini tim gabungan yang diterjunkan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, diantaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Koramil 0905-02 Balikpapan Barat, Polsek Balikpapan Barat, Kelurahan Kariangau, LPM Kariangau, Mahasiswa KKN dan relawan lainnya.

Penyemprotan disinfektan kali ini juga turut dihadiri Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Asisten I Pemkot Balikpapan Syaiful Bahri, Kepala BPBD Suseno, Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr Andy Sri Juliarti, Camat Balikpapan Barat M Arif Fadhilah, Kapolsek Balikpapan Barat Kompol Imam Tauhid, Danramil 0905-02 Balikpapan Barat Mayor Inf Masrukan, Lurah se-Balikpapan Barat, Ketua LPM Kariangau Bejo Pawiro Utomo, perwakilan dari PT PJB UBJOM Kaltim Teluk dan lainnya.

Dandim 0905 Balikpapan bersama Asisten I Pemkot Balikpapan dan rombongan saat meninjau pelaksanaan penyemprotan disinfektan di Kariangau.

Dalam pelaksanaan penyemprotan disinfektan di lingkungan perumahan DMR, selain dilakukan secara manual oleh warga dan relawan, juga menggunakan satu unit mobil tangki milik BPBD.

Camat Balikpapan Barat M Arif Fadhilah mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan untuk mencegah penularan covid-19 yang masih terjadi secara masif di Kota Balikpapan khususnya di wilayah Balikpapan Barat.

“Kegiatan hari ini kami melakukan penyemprotan di wilayah pemukiman di Kariangau turut bergabung dari BPBD, Koramil, Polsek, hadir Dandim, Asisten I, Kadis Kesehatan Kota dan Kepala BPBD serta Kasta Pol PP untuk menyemangati kita dalam rangka melakukan penyemprotan di Kelurahan Kariangau untuk mengantisipasi penyebaran covid-19,” terangnya, Minggu (7/2).

Penyemprotan disinfektan menggunakan mobil tangki BPBD.

Sejauh ini lanjut Arif, selama dua hari Kaltim steril kondisi di wilayah Balikpapan Barat masyarakat terlihat mematuhi, dan melaksanakan Sabtu dan Minggu tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

“Ke depan kita akan tetap melaksanakan untuk Sabtu Minggu sesuai instruksi gubernur dan surat edaran wali kota, semoga kita semua dapat bekerja sama dan mematuhi itu. Karena ini upaya kita agar dapat menurunkan angka covid-19 di Balikpapan,” papar Arif.

Ketua LPM Kariangau Bejo (kanan) saat melakukan penyemprotan disinfektan secara manual.

Untuk diketahui, hingga Sabtu (6/2) kemarin jumlah pasien yang masih positif di wilayah Balikpapan Barat sebanyak 160 orang. Dan Balikpapan Barat berada di urutan ke lima kasus positif covid-19 dari seluruh kecamatan di Balikpapan

Sementara itu Kapolsek Balikpapan Barat, Kompol Imam Tauhid menambahkan selama dua hari Kaktim steril kondusifitas wilayah Balikpapan Barat masih cukup kondusif.

“Kami sebagai kepolisian bertugas untuk memelihara ketertiban dan keamanan, selama ini sesuai instruksi gubernur dilarang melakukan aktivitas di luar rumah, alhamdulillah cukup kondusif sejauh ini, Pasar Pandansari cukup kondusif, pembeli sudah jarang karena melihat situasi demikian, warga juga sudah mulai sadar untuk tidak berkerumun,” timpal Kompol Imam.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *