Metro Kaltim

Hati-hati! Rabu Besok Operasi Zebra Mahakam Digelar di Kaltim

Balikpapan, Metrokaltim.com – Imbauan kepada para pengguna kendaraan di Balikpapan agar berhati-hati dan melengkapi surat-surat kendarannya. Sebab, mulai Rabu (23/10) besok, jajaran Satlantas Polres Balikpapan akan menggelar giat Operasi Zebra Mahakam 2019.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Balikpapan, AKP Agung Ngurah Alit Saputra. Kepada awak media, dia mengatakan, operasi yang digelar secara serentak khususnya di wilayah Kaltim ini akan dilaksanakan sampai 5 November 2019.

“Sesuai TR (telegram resmi) Operasi Zebra akan digelar selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 23 Oktober besok,” katanya, Selasa (22/10).

Seperti operasi sebelum-sebelumnya, dijelaskan Agung, ada tujuh target pelanggaran yang menjadi prioritas pihaknya. Tujuh pelanggaran tersebut yakni tidak menggunakan helm, melawan arus, menggunakan hendphone saat berkendara dan tidak menggunakan sabuk pengaman untuk kendaraan roda empat.

Selain itu berkendara dalam keadaan mabuk, anak di bawah umur serta berkendaraan melebihi kecepatan maksimum juga akan ditindak. “Hal ini dikarenakan ketujuh pelanggaran ini berpotensi terjadinya laka lantas (kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Dalam Operasi Zebra Mahakam kali ini, Agung membeberkan, dirinya akan melibatkan seluruh jajaran Satlantas Polres Balikpapan. Selain mengutamakan penegakan hukum, pihaknya juga akan tetap mengedepankan represif dan preventif.

“Ya, tentunya kami juga akan mengedepankan sosialiasi kepada masyarakat,” terang perwira berpangkat balok tiga di pundak itu.

Agar ini terpusat dari Korlantas Mabes Polri 2019 ini berjalan lancar, Agung mengimbau agar para pengendara di Balikpapan mematuhi peraturan lalu lintas. Seperi membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). “Apabila masa berlakunya sudah habis segera diperpanjang,” ujarnya.

Dia juga meminta agar para pelanggar lalu lintas yang nantinya terjaring razia agar bersikap kooperatif. Hal ini dilakukan agar selama jalannya operasi suasana tetap kondusif. “Jika tidak, kami tidak segan untuk menindak tegas dengan tilang,” pungkasnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *