HUT GEPPAK ke XI, Dibalut dengan Pelantikan Pengurus Cabang Balikpapan

Balikpapan, Metrokaltim.com – Dalam rangka memperingati berdirinya organisasi masyarakat (ormas) kedaerahan Gerakan Putra Putri Asli Kalimantan (GEPPAK) ke XI, pihaknya juga melakukan Pelantikan Pengurus Cabang kota Balikpapan Masa Bakti 2020-2025, yang dilaksanakan di Hotel Pasific, Senin (21/12) malam.

Turut hadir dalam kegiatan wali kota Balikpapan diwakili Kesbangpol Balikpapan, Kapolresta Balikpapan yang diwakili dan Kodim 0905/Balikpapan yang diwakili.

Adapun visi GEPPAK yakni cepat terwujudnya kesejahteraan rakyat Kalimantan, sedangkan misinya mempertahankan kelestarian seni, budaya serta adat Kalimantan, memelihara hubungan erat sesama suku dan suku pendatang, melestarikan sumber daya alam, menyiapkan berbagai program aksi dalam rangka menghadapi pasca eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, meningkatkan kualitas SDM, saling menghormati dan mendorong pembangunan jalan trans Kalimantan agar terwujudnya peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat.

Dalam sambutan Ketua Umum DPP GEPPAK Regional Kalimantan H Suwandi, SH, M SI mengucapkan rasa syukur masih diberikan kesempatan untuk bersilaturahmi dalam memperingati GEPPAK ke 11, sekaligus melantik dewan pimpinan cabang kota Balikpapan masa bakti 2020-2025. Dengan jumlah pengurus yang dilantik ada sekitar 30 orang.

“Dengan dilantiknya pengurus baru, saya berharap GEPPAK P2 ini sesuai dengan adrt dan sesuai dengan visi misinya, bagaimana bersama pemerintah menciptakan kondusifitas kota, daerah dan dapat melestarikan budaya asli Kalimantan,” ucap Suwandi saat ditemui awak media, Senin malam.

Foto bersama usai pelatikan pengurus cabang GEPPAK Kota Balikpapan.

Sementara untuk kelestarian budaya ini memang menjadi isu utama, mengingat Kalimantan Timur mau menjadi Ibukota, maka jangan sampai budaya asli Kalimantan terlupakan.

Tidak hanya itu, hal ini juga bertujuan bagaimana mencarikan lapangan kerja kepada anggota GEPPAK yang belum bekerja, bagaimana menjadikan pemikiran mereka pemikiran yang positif terhadap pembangunan, dan bagaimana merangkul suku lain untuk sama-sama membangun daerah Kalimantan.

Ketua Kesbangpol Balikpapan Ketut Rasna menyampaikan beberapa pesan wali kota, dirinya atas nama masyarakat dan pemerintah kota Balikpapan mengajak untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

“Saya sangat berharap bapak atau ibu dapat mengambil peran sebagai wadah pembentukan, sehingga bisa menciptakan generasi muda yang berkualitas berkarakter, berdaya saing dan bukan karena diistimewakan sebagai putra daerah,” jelas Ketut dalam penyampaiannya.

Ketua Divisi Balikpapan H Irma Effendie mengatakan, dengan terbentuknya GEPPAK cabang Balikpapan yang sempat vakum, diharapkan mampu bersinergi.

Dan setelah dirinya terpilih sebagai ketua, ia akan merubah mindsetnya, artinya bagaimana bisa membangun kota Balikpapan yang saling bersinergi dengan pemerintah kota Balikpapan maupun ormas-ormas lain, mengingat Kalimantan akan menjadi Ibukota.

(Mys/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *