Infrastruktur Jalan Daerah Desa Lolo, Bakal Ditingkatkan

Tana Paser, Metrokaltim.com – Masalah infrastruktur harus selalu diperhatikan, salah satunya ruas jalan. Karena ini demi keamanan dan kenyamanan pengendara maupun pejalan kaki. Mengingat, kerap didapati jalan berlubang atau bergelombang. Kondisi ini pun dikeluhkan masyarakat.

Sekadar diketahui, untuk pemeliharaan atau perbaikan, terbagi tiga ranah. Yakni kabupaten-kota, provinsi dan nasional. Salah satunya pemeliharaan maupun peningkatan kualitas jalan, rutin dilakukan Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Pemeliharaan Infrastruktur Pekerjaan Umum Wilayah I.

“Kami mencangkup empat wilayah di Kaltim. Yakni, sebagian wilayah Kabupaten Kukar (Kutai Kartanegara), PPU (Penajam Paser Utara), Paser dan Balikpapan,” kata kata Kasi  Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTD Pemeliharaan Infrastruktur Pekerjaan Umum Wilayah I, Muhammad Ilyas, Selasa (23/2).

Nah untuk di Kabupaten Paser, dikatakannya jika terdapat beberapa usulan untuk dilakukan peningkatan maupun sekadar pemeliharaan. “Ya itu ada di Pondong, serta akses jalan daerah Desa Lolo,” sebut pejabat yang berdomisili di Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara ini.

Terkait dengan areal jalan daerah Desa Lolo, pihaknya dalam melakukan peningkatan, bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser.

“Untuk di Desa Lolo ini, UPTD kolaborasi dengan PU Kabupaten Paser,” ungkap Ilyas.

Untuk dapat realisasi secara menyeluruh, tentunya harus didukung dengan anggaran yang digelontorkan pemerintah. Mengingat pada APBD Murni ini, bidang bina marga UPTD Pemeliharaan Infrastruktur Pekerjaan Umum Wilayah I dianggarkan Rp 16 miliar.

“Sebenarnya kurang juga. Karena yang jelas banyak yang sudah rusak,” beber dia.

Dana itu terbilang sangat pas-pasan sekali. Karena fokus pemeliharaan infrastruktur pada empat wilayah di Kaltim. “Jadi berbagi wilayah. Kalau untuk fungsional, cukup-cukup saja. Kami juga melihat yang mana masuk skala prioritas,” pungkasnya.

(sya/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *