Metro Kaltim

Ini Bentuk Kepedualian Babinsa Membantu Warga Rantau Pulung Dalam Mendapatkan Pasokan Air

Sangatta, Metrokaltim.com – Tidak hanya tangguh dalam menjaga kedaulatan NKRI akan tetapi prajurit TNI harus senantiasa dekat dan membantu masyarakat dalam setiap kondisi apapun itu.

Hal ini yang dibuktikan melalui komando Dandim 0909/Sangatta Letkol (Czi) Pabate yang turut ditindaklanjùti oleh Danramil 0909– 01/Sangatta Kapten (Inf) Arif Safardiyatno, dengan memerintahkan babinsanya kembali proaktif turun membantu masyarakat dalam mengatasi krisis air bersih di Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur.

Usai memberikan materi komsosnya di Meranti Kantor Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam hal ini Dandim 0909/Sangatta Letkol (Czi) Pabate membenarkan adanya giat babinsa, dari perwakilan babinsanya yang membantu masyarakat Ranpul yang tengah kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

“Inilah kewajiban babinsa kami untuk senantiasa peka dan terus peduli dalam berinteraksi sosial kemasyarakatan, seperti pendistribusian air ke rumah-rumah masyarakat di Ranpul yang susah mendapatkan air bersih,” imbuhnya.

Dandim 0909/Sangatta Letkol (Czi) Pabate dan Danramil 0909– 01/Sangatta Kapten (Inf) Arif Safardiyatno.

Sementara Danramil 0909-01 Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno mengatakan bahwa giat sosial pembagian air bersih kepada masyarakat yang dilakukan babinsa adalah sebagai wujud kepedulian jajaran Kodim 0909/Sgt khususnya koramil 0909-01 Sangatta.

“Susahnya masyarakat mendapatkan air bersih dikarenakan faktor alam seperti belum turunnya curah hujan terlebih di wilayah tersebut belum tersentuh intalasi PDAM. Untuk itu kami berinisiatif membantu masyarakat dalam mendapatkan pasokan air bersih,” ujarnya.

“Penyaluran air bersih ke Ranpul dalam hal ini babinsa kami telah bergerak membantu 2 minggu belakangan ini, dan kondisi permasalahan krisis air akan kita pantau terus inilah salah satu bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat. Yah saya dan pak Dandim berharap hujan dapat segera turun karena selama ini warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih bersumber dari air hujan yang ditadahi juga aluran sungai namun karena kemarau banyak titik sumber aliran sungai terbilang mengering,” tambah Danramil Sangatta Arif -sapaan bermasyarakatnya.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *