Metro Kaltim

Ini yang Wajib Dilakukan Pemilik Mobil Matik

Balikpapan, Metrokaltim.com – Mengemudikan mobil matik memang lebih nyaman dan santai dibanding dengan mobil manual. Apalagi untuk kondisi jalan yang kerap terjadi kemacetan, dengan satu kaki gas dan rem saja berkendara lebih nyaman.

Namun, dibalik semua itu perlu diketahui para pemilik kendaraan mobil matik, pengecekan harus rutin dilakukan. Jika tidak, dipastikan pemilik kendaraan akan merogoh kocek dalam untuk perbaikan mobil matiknya.

Salah satu montir Balikpapan, Pungki Riswanta menyebut penggunaan mobil matik sangat enak, akan tetapi dalam penggunaannya jangan terlalu dipaksakan, agar transmisi matiknya awet.

“Kalau matik karena penggunaannya enak, jadi jangan terlalu dipaksa agar transmisi matiknya awet. Mengingat perbaikan transmisi matik sangat mahal,” kata Pungki sapaan akrabnya.

Pengecekan rutin yang harus dilakukan pemilik mobil matik, sama saja dengan pengecekan mobil manual. Akan tetapi mobil matik ada tambahan pengecekan seperti oli matik yang harus juga diperhatikan.

“Melakukan pengecekkan rutin mas seperti volume oli mesin, oli power steering jika power steering, minyak rem,minyak kopling, oli matik. Pengecekkan kondisi fisik mesin atau kendaraan, apakah ada bocor atau kelainan lain. Saat digunakan apakah ada kejanggalan dalam penggunaan. Matik dan manual kalau perawatan sama,” terangnya.

Pengecekan oli matik sendiri dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan stick oli matik yang tersedia di mobil, untuk mengetahui volume oli. “Lakukan service berkala, nanti sekali-kali lakukan general cek. Supaya tau apakah ada kerusakan atau tidak,” pungkasnya.

Untuk servic berkala sendiri sebaiknya dilakukan per enam bulan sekali. Atau per 10 ribu kilometer untuk mobil baru dan 5 ribu kilometer untuk mobil lama.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *