Metro Kaltim

Komsos Dandim 0909/Sangatta Letkol (Czi) Pabate Angkat Permasalahan Sampah Sebagai Musuh Bersama

Sangatta, Metrokaltim.com – Pelaksanaan coffe morning di ruang Meranti pada Senin (11/11) dirangkai dengan gelaran Komunikasi Sosial (komsos) bersama Aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur dalam rangka binter terpadu Kodim 0909/Sangatta, dengan mengusung tema memberdayakan wilayah pertahanan melalui Binter Terpadu Guna Meningkatkan ruang, alat dan kondisi ruang yang tangguh.

Adapun narsumber komsos Kodim 0909/Sangatta langsung oleh Dandim 0909/Sangatta Letkol (Czi) Pabate adapun point pembahasan meliputi jalannya pelaksanaan karya bhakti TNI, Tentara Manumggal Membangun Desa (TMMD), kondusifitas, perekrutan calon prajurit TNI dalam memperkuat jumlah personil khususnya di Makodim 0909/Sangatta, pelestarian hutan sebagai warisan generasi penerus bangsa. Dalam kegiatan ini juga dihadiri pula oleh Danlanal Sangatta, Letkol Laut (P) Osben Alibos Naibaho.

Suksesnya pelaksanaan program Kodam VI Mulawarman bersama Kodim 0909/Sangatta gerakan membuat 1.000 jamban di 18 kecamatan, bedah rumah, kemitraan masing-masing Bintara Pembina Desa (Babinsa) antara aparatur pemerintahan kecamatan, desa, cermat dalam penggunaan medsos dalam menangkal radikalisme, penyelamatan generasi bangsa dari mengkomsumsi minuman keras (miras), penyalahgunaan narkoba dan tak kalah pentingnya yang menjadi perhatian Dandim yaitu dalam menekan jumlah volume sampah.

Agenda giat Kodim 0909/Sangatta dalam rangka komsosnya tersebut diluangkan pula sesi tanyajawab langsung, dari beberapa sumber dalam hal ini perwakilaan kepala OPD, Sekwan DPRD Kutim Suroto termasuk Sekda Irawansyah dan turut disaksikan pula oleh Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST.MM.

Foto bersama usai kegiatan komsos.

Terkait gerakan aksi memerangi sampah sebagai musuh bersama mendapatkan dukungan oenuh dari Seskab Kutim Irwansyah yang diiyakan Wabup Kasmidi.

“Sangat baik sekali ini apabila kita dapat bersama-sama turun membersihkan sampah nanti tolong perwakilan OPD baik seperti PU, DKPP dapat bersama-sama membersihkan sampah di beberapa sarana fasilitas umum,” imbau Seskab Kutim.

Lantas sasaran fasilitas umum mana saja yang akan dilakukan pembersihan sampah?. Dandim Pabate langsung menegaskan fokus pihaknya dalam giat aksi bersih-bersih tersebut akan menfokuskan disarana umum seperti taman hiburan masyarakat, bendali Polder Ilham Maulana, Pantai Sekerat, Pantai Teluk Lombok dan merambah disarana lainnya sambil terus dimonitor.

“Permasalahan sampah tentunya dapat menjadi perhatian masyarakat juga. Tentunya butuh kesadaran akan kebersihan baik kepada pengunjung Polder Ilham Maulana, pantai Sekerat, Teluk Lombok dan prasarana lainnya,” terang pucuk pimpinan Makodim 0909/Sangatta, Pabate

“Untuk penerimaan prajurit TNI AD untuk Kodim 0909/Sangatta dibutuhkan 10 calon bintara adapun sistem pendaftaran secara online tidak dipungut biaya. Dan tidak ada pungutan (sogokan, Red) agar dapat diterima 100 persen saya jamin itu dan seleksinya terbilang ketat untuk penerimaan kali ini diprioritaskan putra daerah,” tegas Dandim Pabate.

(aji/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *