Ini Penyebab Meluapnya Air di KM 17

Balikpapan, Metrokaltim.com – Banjir yang menyebabkan belasan rumah terendam yang berdampak pada aktifitas warga kelurahan karang Joang balikpapan utara pada Kamis pagi di karenakan kecilnya gorong-gorong yang di kilometer 17, Balikpapan Utara.

Derasnya hujan sehingga gorong-gorong yang ada tidak mampu mengalirkan volume air yang cukup banyak saat hujan terjadi dengan derasnya sejak subuh hari. Hal ini juga di ungkapkan oleh Camat Balikpapan Utara Fahrul Razi saat berada di lokasi banjir.

” Dari tahun- tahun sebelumnya banjir kerap terjadi di Kawasan kilometer 17 ini yang berdampak pada rumah warga sekitar aliran sungai. Hal ini di sebabkan kecilnya gorong-gorong yang ada sehingga tidak mampu menampung volume air saat hujan deras sehingga airnya meluap ke kawasan rumah warga,” jelasnya.

Musibah banjir yang terjadi di kawasan kilometer 17 khusunya di kawasan RT 39 dan 37 ini. Dimana dua kawasan ini selalu menjadi langganan banjir saya hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Pihak kecamatan sudah mengumpulkan foto dan data yang terdampak banjir, untuk solusinya, pihak kecamatan akan berkoordinasi dengan pemerintah kota Balikpapan, lantaran gorong-gorong yang ada di lintasi jalan provinsi,” ungkapnya.

Sementara itu Hendra warga RT 39 mengatakan, kawasan ini merupakan langganan banjir, jadi setiap kali hujan deras, warga sudah antisipasi, karena pasti akan meluap, lantaran pembuangan air yang ada sangat kecil, sehingga berdampak pada pemukiman warga.

“Sudah jadi langganan banjir mas, jadi serupa hujan deras, air pasti meluap, karena pembuangan yang ada sangat kecil,” ucapnya saat banjir menggenangi rumahnya.

Harapannya, agar pihak pemerintah bisa mencarikan solusinya, sehingga kawasan yang ada tidak lagi terjadi banjir saya hujan turun, pungkas Hendra.

(Idris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *