Metro Kaltim

Jadi Motivasi Bagi Ibu-Ibu, Lomba Cipta Menu B2SA Digelar

Balikpapan, Metrokaltim.com – Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) tingkat kelurahan, digelar oleh Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, pada Kamis (5/9) pagi.

Lomba cipta menu B2SA ini sendiri merupakan program dari PKK, yang diharapkan dapat mendorong adanya kreasi dan inovasi, dalam olahan pangan lokal.

Lomba cipta menu sendiri bertempat di Balai Desa, Kelurahan Kariangau, sebanyak delapan tim yang mengikuti lomba tersebut, unjuk kebolehan mengolah berbagai bahan makanan menjadi hidangan yang lezat dan sehat.

Tim juri saat melakukan penilaian terhadap para peserta Lomba Cipta Menu B2SA di Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat

Lurah Kariangau, M Iskandar mengatakan kegiatan lomba cipta menu ini merupakan rangakaian dalam memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-74 yang digelar oleh Kelurahan Kariangau.

“Saya berharap ini dapat menjadikan motivasi ibu-ibu untuk membuat makanan sehat dan bergizi,” ujar Iskandar, usai membuka kegiatan lomba cipta menu B2SA, kemarin.

Dia juga sangat bangga, atas antusias warga Kariangau khsususnya ibu-ibu dari masing RT yang telah mengikuti kegiatan lomba cipta menu B2SA ini.

“Saya sangat bersyukur dan trimaksih karena para peserta bisa menampilkan yang terbaik dari masing-masing RT,” katanya.

Menu makanan sehat dan bergizi yang ditampilkan oleh para peserta.

Meskipun tidak semua RT bisa mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba ini, akan tetapi potensi para peserta yang ada sudah terlihat jelas. Karena menampilkan hidangan menu yang lezat dan bergizi.

“Dari 13 RT hanya ada 8 RT yg mengikuti karena beberapa RT lokasi mereka jauh, jadi merak belum bisa ikut tampil dari kegiatan ini,” paparnya.

Iskandar menyebut, dalam lomba cipta menu kali ini yang disajikan merupakan menu makan siang. Sebagian besar peserta menggunakan bahan dasar ikan untuk pengolahan menu sehat dan bergizinya. Hal ini juga karena potensi ikan laut di wilayah Kariangau cukup tinggi. Diharapkan, nantinya para peserta ini bisa tampil ditingkat kecamatan untuk mewakili Kelurahan Kariangau, dalam lomba cipta menu sehat B2SA.

“Kita harapkan mereka ini nanti bisa tampil di tingkat kecamatan, tidak hanya di tingkat kelurahan. Banyak menu ikan, karena potensi ikan di Kariangau banyak,” ungkapnya.

Salah satu peserta yang berhasil meraih juara satu dalam lomba cipta menu B2SA Kelurahan Kariangau ini yakni RT 6, Susiani Fari mengatakan timnya membuat menu olahan nasi jagung, urap, puding, mie sawi dan lainnya.

“Manfaatnya biar gizinya seimbang, karena di dalam masakan sudah ada buah, sayuran dan ikan,” pungkas Susiani.

Dalam lomba cipta menu ini juara kedua diraih oleh RT 13, sementara juara ketiganya direbut oleh RT 12 Kariangau. Diharapkan program ini menjadi prioritas utama, karena dengan konsumsi pangan yang bermutu akan mendukung kesehatan keluarga. Maka akan memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berdaya saing.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *