Jelang HUT ke-62, Kodam VI Mulawarman Gelar Bakti Sosial

Balikpapan, Metrokaltim.com – Menjelang perayaan HUT ke-62, Kodam VI/Mulawarman menggelar serangkaian acara bakti sosial, kegiatan tersebut diantaranya adalah donor darah dan pembagian masker yang berlangsung di Aula Makodam VI/Mlw.

Kegiatan ini berlangsung dengan diawali sambutan oleh Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto, tentang pelaksanaan donor darah dalam rangka peringatan HUT ke-62 Kodam VI/Mulawarman, disiapkan sebanyak 1.100 kantong dan pembagian masker sebanyak 35.000 buah yang diserahkan secara simbolis untuk seluruh wilayah Kodam VI/Mulawarman. Kamis (9/7).

Dalam sambutannya Pangdam menjelaskan, dalam beberapa waktu ini pihaknya fokus di kegiatan sosial untuk kebutuhan bersama seperti, donor darah yang kita laksanakan ini bertujuan untuk mendukung program kemanusiaan. “Hasil dari kegiatan donor darah ini nantinya akan disumbangkan dalam rangka program kemanusiaan, terutama untuk ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkannya,” terang Subiyanto.

Lebih lanjut Pangdam mengajak seluruh personel Kodam VI/Mulawarman yang saat ini akan memperingati HUT ke-62 Kodam VI/Mulawarman dapat dengan sukarela, tulus ikhlas mendonorkan darahnya untuk sesama di tengah pandemi Covid-19 yang mengakibatkan persediaan darah untuk masyarakat sangat terbatas.

“Setetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kondisi kesehatan seorang pasien, bahkan dapat menyelamatkan jiwanya bagi yang membutuhkan. Pada hari ini juga bersamaan dengan kegiatan donor darah dibagikan masker untuk tenaga medis dan masyarakat di wilayah Balikpapan, semoga bermanfaat di tengah upaya penegakkan disiplin protokol kesehatan dampak dari pandemi Covid-19 dan melindungi petugas kesehatan maupun masyarakat,” ungkapnya.

Terkait pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino mengingatkan kepada para tenaga medis dan seluruh lapisan masyarakat khususnya warga Balikpapan agar senantiasa menerapkan disiplin protokol kesehatan, dengan cara mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak agar meminimalisir terjadinya kerumunan yang akan mempermudah penyebaran pandemi Covid-19.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan yang mulia dan diharapkan tidak hanya berhenti sampai di sini saja, namun perlu lebih dibudayakan serta dilaksanakan secara rutin sesuai ketentuan medis, baik yang dilakukan secara bersama maupun perorangan,” pungkas Kapendam.

(riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published.