Metro Kaltim

Jelang Peresmian, Dua Jenderal di Kaltim Menjajal Tol Balsam dengan Bersepeda

Balikpapan, Metrokaltim.com – Jajaran Kodam Vl/Mulawarman dan Polda Kaltim mengunjungi jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), Senin (16/12) pagi. Di sana mereka melakukan pengecekan dan kesiapan pengaman jelang peresmian tol tersebut.

Panglima Kodam Vl/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto serta Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono memimpin langsung jalannya kunjungan ini. Mereka tiba di tol Balsam kawasan Kilometer 13, Balikpapan Utara, sekira pukul 08.30 Wita.

Meskipun saat itu hujan dengan intensitas ringan tengah mengguyur kawasan tol Balsam, namun tak mengurungkan niatnya untuk melakukan pengecekan. Subiyanto dan Muktiono bersama jajarannya masing-masing tetap memantau tol tersebut dengan bersepeda.

Ditemui disela-sela kunjungan, Mayjen TNI Subiyanto membenarkan, kunjungan aparat keamanan ini untuk mengecek kesiapan jalan dan pengamannya jelang peresmian tol Balsam. Direncankan, tol yang memiliki panjang 99,35 kilometer itu akan diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada Selasa (17/12) besok.

Gowes Bareng Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim.

“Kalau tidak ada perubahan akan (tol Balsam) diresmikan oleh Bapak Presiden. Oleh karena itu saya perlu melihat kondisi sebenarnya jalan tol yang akan diresmikan ini,” katanya kepada awak media.

Dalam pengamanan peresmian tol ini, sebut Subiyanto, akan ada 1.400 persnonel gabungan TNI-Polri. Dari sisi TNI semua satuan akan dikerahkan, seperti TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut.

“Intinya, dari segi pengamanan, saya dan Pak Kapolda yang akan menjamin keamanan kegiatan pelaksanan Bapak Presiden besok,” tegas jenderal bintang dua itu.

Hasil pantauan tol Balsam, beber Subiyanto, pembangunan tol yang memiliki nilai investasi Rp 9,9 triliun itu belum sepenuhnya rampung. Masih ada beberapa titik di tol tersebut yang masih dalam pengerjaan. “Mungkin ada kendala masalah tanah dan sebagainya, ini yang tahu mungkin pemerintah provinsi,” bebernya.

Jajal Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Namun, diketahui, pembangunan tol dari Samboja menuju Samarinda sudah rampung 100 persen dan siap digunakan. Setelah peresmian Presiden, ruas jalan tol tersebut lah yang akan dioperasikan.

Sementara itu, Irjen Pol Muktiono mengatakan, kepolisian akan memberikan pengaman semaksimal mungkin saat kedatangan Jokowi di Kota Minyak. “Besok kami akan melaksanakan pengaman semaksimal mungkin, dibawah kendali panglima,” katanya.

Jika tol Balsam sudah dioperasikan, Muktiono mengimbau kepada seluruh pengguna jalan tol, agar berkendaraan dengan disiplin dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Hal ini untuk menghindarai terjadinya kecelakaan yang dapat merugikan siapa pun.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat yang menggunakan jalan tol ini agar selalu mematuhi rambu-rambu yang tersedia dan senantiasa mengutamakan keselamatan dalam memacu kendaraan di jalan tol kebanggaan masyarakat Kaltim tersebut,” pungkasnya.

(sur/riyan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *